Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Pengangguran 18 Persen, Google Indonesia Siapkan Beasiswa Data Analis untuk 10.000 Orang

Kompas.com - 24/05/2022, 21:50 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Google akan menyalurkan beasiswa untuk melatih 10.000 orang dalam program Google Career Certificate.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengatakan, program sertifikasi profesional ini dirancang untuk pekerjaan tingkat pemula sebagai analis data (data analyst).

Ia membeberkan, dalam program beasiswa ini peserta akan diajarkan cara mengumpulkan, mengubah, dan menyusun data untuk memberikan wawasan dan analisis baru kepada bisnis atau perusahaan.

Baca juga: Program Beasiswa BCA Buka Kesempatan Kuliah Gratis Bisnis Perbankan, Ini Syaratnya

“Dengan tingkat pengangguran hampir mencapai 18 persen di antara penduduk Indonesia yang berusia 20 hingga 24 tahun, kami harap dapat membantu ribuan orang Indonesia," kata dia dalam siaran pers, Selasa (24/5/2022).

Ia berharap, program ini dapat membantu masyarakat menemukan pekerjaan yang bergaji cukup tinggi dalam ekonomi digital yang sedang berkembang pesat saat ini.

Rendy menyampaikan, Google akan memberikan setengah beasiswa tersebut kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendukung program Digital Talent Scholarship (DTS).

Baca juga: Mengenal Beasiswa LPDP dan Cara Mendapatkannya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto menyambut tawaran kerja sama dari Google dalam pelaksanaan DTS yaitu program Profesional Academy - PROA (Android, Cloud dan Google Career Certificates) dan program FGA (Fresh Graduate Academy).

"Program FGA ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional dan juga para profesional yang ingin menambah skill mereka," kata Hary

Ia bilang, para lulusan nantinya berkesempatan memiliki sertifikasi global serta dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Dana Abadi Beasiswa LPDP Tembus Rp 99 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com