Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Tak Perlu Menyeberang Rel

Kompas.com - 26/05/2022, 06:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia memastikan penumpang KRL tidak perlu menyeberang rel lagi saat transit di Stasiun Manggarai.

Hal ini setelah perubahan pola operasional KRL pada 28 Mei mendatang akibat kegiatan switch over kelima (SO 5).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, nantinya proses transit akan jauh lebih mudah, di mana penumpang hanya perlu naik atau turun stasiun.

"Transit di Manggarai itu kayaknya ruwet, transit saat ini tidak perlu menyeberang rel. Tinggal turun atau aik pakai tangga manual atau lift. Jalur bawah 6 dan 7 atas 10 hingga 12," ujar Anne saat acara Ngobras di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Alasan Ada Switch Over 5 di Stasiun Manggarai, DJKA: untuk Menata Perjalanan Kereta Api

Kemudahan proses transit ini lebih diperlukan di Stasiun Manggarai yang jumlah penumpang transitnya lebih banyak dari jumlah penumpang masuk.

Dengan tidak perlu lagi menyeberang rel saat transit maka dapat meningkatkan keselamatan penumpang di stasiun ini karena pergerakan penumpang yang melintasi rel berkurang drastis.

"Penumpang yang masuk dari Stasiun Manggarai sangat kecil sekali sebenarnya di bawah 5.000 untuk gate innya. tapi kalau transit ini yang sangat luar biasa, sekitar 20.000-200.000 orang saat ini yang transit itu justru crossing (menyeberang rel)," jelasnya.

Baca juga: Ada Pengerjaan Proyek di Stasiun Manggarai, Ini Perubahan Rute Operasi KRL Commuter

Dengan adanya perubahan pola operas KRL, maka nantinya rute KRL Bogor-Jatinegara akan dihapus sehingga KRL Bogor hanya melayani hingga Stasiun Jakarta-Kota.

KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang.

Perubahan tersebut membuat penumpang KRL Bogor yang ingin turun di Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara harus transit di Stasiun Manggarai.

Begitupun dengan penumpang KRL Cikarang/Bekasi yang akan ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai untuk berganti kereta tujuan Bogor-Jakarta Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com