Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Jadwal dan Rute KRL Jabodetabek, Berlaku Mulai 28 Mei 2022

Kompas.com - 27/05/2022, 18:34 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Informasi seputar rute KRL Jabodetabek 2022 penting diketahui bagi pengguna yang rutin memanfaatkan moda transportasi tersebut.

Pasalnya, rute KRL terbaru mengalami perubahan yang berlaku sejak Sabtu, 28 Mei 2022, mengingat adanya pelaksanaan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan, perubahan rute KRL terjadi pada perjalanan lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo, serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

Baca juga: Update Cara Naik MRT Jakarta: Syarat, Rute, dan Jadwal MRT Hari Ini

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, Switch Over ke-5 ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan KAI Group di Stasiun Manggarai yaitu perjalanan KA Jarak Jauh, KRL Jabodetabek, maupun KA Bandara.

Ia menegaskan, KAI mendukung penuh pekerjaan Switch Over ke-5 ini sebagai bagian dari pengembangan Double-Double Track (DDT) Manggarai - Cikarang yang merupakan Proyek Strategis Nasional.

“KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan atas perubahan layanan ini. KAI berharap pengguna KRL dapat menyesuaikan perjalanannya mulai 28 Mei dan dapat segera beradaptasi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Rincian Jadwal KRL Jogja-Solo dari Stasiun Balapan ke Yogyakarta

Rute KRL terbaru

Mulai 28 Mei, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo - Jakarta Kota PP melalui Stasiun Manggarai.

Sementara itu, pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan 2 skema, yaitu full racket Cikarang/Bekasi PP via Manggarai atau Pasar Senen dan half racket Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan/Angke PP via Manggarai.

Peta Rute KRL Commuterlinekrl.co.id Peta Rute KRL Commuterline

Sedangkan untuk rute KRL Jabodetabek 2022 lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta, serta KA Jarak Jauh tidak terjadi perubahan.

Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13, lintas loop line yaitu Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7, dan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.

Baca juga: Cek Jadwal KRL Jogja-Solo dari Stasiun Tugu dan 10 Stasiun Lainnya

“Pengguna KRL dari Bekasi/Cikarang ke arah Jakarta Kota yang sebelumnya menggunakan satu perjalanan, sekarang harus melakukan transit di stasiun Manggarai,” jelas Didiek.

“Begitu pula pengguna KRL Bogor/Depok/Nambo ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri juga harus melakukan transit di stasiun Manggarai,” sambungnya mengenai perubahan rute KRL.

Cek jadwal KRL hari ini

Dengan adanya penerapan rute KRL terbaru, jadwal KRL otomatis mengalami perubahan. Total perjalanan KRL mulai 28 Mei 2022 mencapai 1.054 perjalanan per hari.

Adapun jam operasional yang berlaku yakni mulai pukul 04.00 -24.00 WIB. Lebih lanjut, informasi mengenai jadwal KRL hari ini bisa diakses melalui laman resmi www.krl.co.id atau aplikasi KRL Access.

“Pengguna KRL dapat mengecek info perjalanan dan jadwal KRL secara realtime di aplikasi KRL Access,” kata Didiek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com