Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Uang lewat Alfamart Tanpa Rekening dan Syaratnya

Kompas.com - 01/06/2022, 10:22 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman dana namun tidak memiliki rekening bank, cara kirim uang lewat alfamart tanpa rekening bisa jadi salah satu solusinya.

Terkait hal ini, informasi seputar minimal kirim uang lewat Alfamart dan biaya transfer uang lewat Alfamart perlu diperhatikan.

Anda juga harus memahami batas waktu pengambilan uang di Alfamart bagi penerima transfer agar proses pengiriman uang berjalan lancar.

Baca juga: Cara Sewa Teras Alfamart untuk Usaha, Catat Syarat dan Biayanya

Artikel ini akan mengulas hal tersebut, lengkap dengan panduan terkait cara mengambil uang transferan di Alfamart bagi penerima kiriman.

Ketentuan transfer uang via Alfamart

Dikutip dari laman resmi alfamart.co.id pada Rabu (1/6/2022), layanan transaksi pengiriman uang ini tersedia di cabang Alfamart seluruh Indonesia.

Jadi, di mana pun Anda berada pasti bisa melakukan transaksi yang satu ini. Anda tinggal mengunjungi gerai Alfamart terdekat cabang mana saja.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menyewakan Lahan ke Indomaret

Meskipun di daerah yang lebih terpencil seperti desa, Anda pun bisa tetap bertransaksi karena Alfamart menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Anda bisa mengirimkan uang melalui Alfamart ini dengan bebas tanpa memakai rekening. Ini sebabnya seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia bisa dengan mudah melakukan transaksi berkirim uang ini.

Cara kirim uang lewat alfamart tanpa rekening pun sangat mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja. Uang dari pengirim akan disetorkan kepada penerima secara tunai.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang tidak mempunyai rekening bank. Ini menjadi salah satu kelebihan layanan pengiriman uang lewat Alfamart ini.

Baca juga: Catat Cara Kirim Uang lewat Indomaret Tanpa Rekening

Dengan demikian, cara mengambil uang transferan di Alfamart tidak memerlukan kartu ATM bank, namun harus sesuai dengan batas waktu pengambilan uang di Alfamart.

Adapun minimal kirim uang lewat Alfamart adalah mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 5 juta untuk jumlah maksimalnya.

Sementara biaya administrasinya sendiri maksimal sebesar Rp 25.000 saja. Biaya transfer uang lewat Alfamart termasuk yang harus disiapkan oleh pengirim sebelum melakukan pengiriman.

Berikut syarat kirim uang lewat Alfamart:

  • Kartu identitas pribadi. Kartu ini bisa dalam bentuk KTP, SIM, atau Paspor
  • Nomor telepon aktif yang Anda gunakan untuk kegiatan komunikasi setiap hari
  • Uang tunai dengan nominal sesuai dengan yang ingin Anda transfer
  • Biaya pengiriman dan administrasi sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000
  • Nomor handphone penerima uang (Opsional)

Baca juga: Cara Jualan di Depan Alfamidi, Pahami Prosedur Sewa Teras Alfamidi

Cara transfer dan ambil uang lewat Alfamart

Cara kirim uang lewat Alfamart tanpa rekening bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Setelah sampai di gerai Alfamart, pergilah ke bagian kasir. Apabila terdapat antrian, maka tunggulah hingga giliran Anda tiba dengan sabar
  • Selanjutnya, sampaikan kepada petugas kasir bahwa Anda ingin mengirim uang
  • Kasir akan meminta kartu pengenal Anda beserta dengan nomor handphone Anda yang aktif, serta penerima yang akan Anda kirimkan uang. Serahkan semua data yang diminta kepada kasir tersebut. Jangan lupa untuk memberikan biaya administrasi tambahan
  • Tunggu kasir hingga ia menyelesaikan proses transaksi. Hal ini hanya akan memakan waktu selama beberapa menit saja
  • Apabila transaksi transfer berhasil, Anda akan mendapatkan pesan SMS otomatis dari DOMPETKU. Di dalamnya, berisi kode pengiriman uang. Lakukan screenshot dan kirimkan kode pengiriman uang tersebut kepada pihak penerima
  • Transaksi selesai. Anda bisa sekaligus berbelanja berbagai produk kebutuhan hidup sambil memanfaatkan promo dari Alfamart.

Baca juga: Mau Jualan di Depan Indomaret? Ini Cara Pengajuan Sewa Teras Indomaret

Sementara itu, cara mengambil uang transferan di Alfamart adalah sebagai berikut:

  • Simpan kode pengiriman uang dari pihak pengirim di galeri Anda. Selanjutnya, berangkatlah ke gerai Alfamart terdekat di daerah domisili Anda
  • Sampai di gerai, segeralah menuju kasir dan sampaikan keinginan Anda untuk mengambil kiriman uang dari pihak pengirim. Sebutkan nama pihak pengirim untuk mempermudah kasir dalam melakukan pengecekan
  • Kasir Alfamart akan meminta kode referensi pengiriman uang. Tunjukkan kode pengiriman dari DOMPETKU yang Anda terima tadi
  • Tunggu hingga kasir selesai melakukan proses validasi. Apabila data yang muncul sesuai, maka kasir akan langsung mencairkan uang tersebut dan memberikannya pada Anda
  • Ambil uang, dan dengan demikian proses pengambilan uang selesai. Anda tidak perlu khawatir harus membayar biaya administrasi. Karena pengambilan uang lewat Alfamart tidak dipungut biaya sepeser pun.

Terkait batas waktu pengambilan uang di Alfamart, kode pengiriman uang berlakunya selama 30 hari. Jadi, sangat aman jika penerima uang Anda tidak langsung mencairkannya saat itu juga, yang penting tidak melebihi batas waktu 30 hari tersebut.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Bayar PBB di Indomaret dan Alfamart

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com