Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Inflasi Mei 2022 Capai 0,4 Persen

Kompas.com - 02/06/2022, 11:26 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pada Mei 2022 terjadi inflasi sebesar 0,4 persen secara bulanan atau month to month (mtm).

Kepala BPS Margo Yuwono menjelaskan, angka inflasi itu merupakan hasil dari indeks harga konsumen (IHK) yang meningkat menjadi 110,42 pada Mei, dari 109,98 pada April 2022.

"Berdasarkan hasil pematauan BPS di 90 kota pada bulan Mei ini terjadi inflasi sebesar 0,40 persen," ujar dia, dalam konferensi pers, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Gubernur BI Buka Kemungkinan Inflasi Lebihi 4 Persen hingga Akhir 2022

Lebih lanjut Ia bilang, sejumlah komoditas penyumbang inflasi utama pada Mei kemarin ialah, tarif angkutan udara, telur ayam ras, ikan segar, dan bawang.

Adapun jika dilihat secara tahunan (year on year/yoy), pada Mei kemarin terjadi inflasi sebesar 3,55 persen, tertinggi sejak Desember 2017 dengan tingkat inflasi pada saat itu sebesar 3,61 persen.

Dengan realisasi tersebut, sejak awal tahun ini hingga Mei kemarin telah terjadi inflasi sebesar 3,55 persen (year to date/ytd).

Jika dilihat berdasarkan wilayahnya, Tanjung Pandan menjadi wilayah yang mengalami inflasi tertinggi pada Mei kemarin, yakni sebesar 2,24 persen secara mtm.

Kemudian, Tangerang dan Gunungsitoli sama-sama menjadi wilayah dengan tingkat inflasi terendah, yakni sebesar 0,05 persen secara mtm.

Dari 90 kota yang diamati oleh BPS, 3 di antaranya mencatatkan penurunan harga atau deflasi, di mana Kotamobagu menjadi wilayah yang mencatatkan deflasi tertinggi, yakni sebesar 0,21 persen.

Sementara itu, Merauke menjadi wilayah dengan deflasi terendah, yaitu sebesar 0,02 persen secara mtm.

Baca juga: Kekhawatiran Inflasi Bikin Harga Emas Dunia Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com