BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OCBC NISP

Dorong UMKM Tingkatkan Penjualan, Bank OCBC NISP Hadirkan Webinar Series dan Workshop ONPreneurship tentang Sustainable Branding

Kompas.com - 03/06/2022, 14:47 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) menyebut, sebanyak 64,19 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berkontribusi sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional 2021.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh sejumlah pihak untuk mendukung pemberdayaan sektor UMKM. Tak terkecuali pihak swasta, seperti Bank OCBC NISP.

Lewat program #ONPreneurship, Bank OCBC NISP menghadirkan ekosistem kolaboratif untuk menambah wawasan serta berbagi pengetahuan mengenai pentingnya memiliki branding yang kuat dan sustainable. Dengan demikian, #UMKMBisaUnggul sekaligus meningkatkan penjualan bisnis.

Dalam program tersebut, Bank OCBC NISP memberikan beragam pelatihan usaha, mulai dari manajemen keuangan, permodalan, peningkatan branding, hingga implementasi digital.

Lewat program itu pula, Bank OCBC NISP mendorong UMKM untuk memperluas jejaring bisnis sehingga UMKM bisa #MelajuJauh.

(Baca juga: Belajar Bisnis dari Kisah 3 UMKM Penyabet Gelar Juara “#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat”)

Agar program ONPreneurship berjalan optimal, Bank OCBC NISP berkolaborasi dengan komunitas pelaku UMKM untuk menyelenggarakan kelas pendampingan secara regular.

Didukung oleh para mentor profesional dan berpengalaman, program #ONPReneurship telah merangkul 5.243 pelaku UMKM yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

#ONPreneurship dorong UMKM agar punya branding kuat

Pada Mei dan Juni 2022, misalnya, Bank OCBC NISP bekerja sama dengan Qualita Company untuk menghadirkan workshop serta webinar series dengan tema “Membangun Brand yang Memiliki Value dan Positioning yang Kuat”.

Sebagai informasi, Qualita Company merupakan perusahaan printing serta packaging yang mengedepankan prinsip keberlanjutan (sustainability) dan ramah lingkungan.

Lewat workshop serta webinar gratis tersebut, Bank OCBC NISP berharap, pelaku UMKM dapat membangun branding kuat dan meningkatkan kualitas usaha. Mereka juga diharapkan dapat memberi dampak positif bagi lingkungan sehingga UMKM bisa naik kelas.

Untuk diketahui, webinar ONPreneurship terdiri atas tiga seri yang digelar setiap Jumat pada pukul 19.00 hingga 22.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Seri pertama telah berlangsung pada Jumat (20/5/2022) dengan topik “Lihat Celah untuk Ambil Hati Pelanggan” dan diikuti oleh pelaku UMKM dengan antusias.

(Baca juga: OCBC NISP dan KG Media Cari UMKM Jagoan Lokal Lewat Program #ONPreneurship)

Sementara itu, seri kedua diselenggarakan pada Jumat (27/5/2022) dengan topik “Kompetisi Makin Ketat, Ambil Peluang dengan Branding Diperkuat”.

Seri webinar berikutnya akan berlangsung pada Jumat (3/6/2022). Pada seri ini, Bank OCBC NISP dan Qualita Company mengangkat topik “Jurus Branding Kemasan yang Bikin Bisnis UMKM Naik Kelas”.

Kemudian, pelaku UMKM juga bisa mengikuti workshop bertajuk “Tingkatin Bisnis dengan Kemasan Ramah Lingkungan (Eco-friendly Packaging)” pada Jumat (10/6/2022).

Untuk mengikuti seluruh acara tersebut, Anda dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui tautan https://bit.ly/ONxQUALITA atau scan QR Code yang tersedia pada poster.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com