Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Target 30.000 Pengecer Jual Migor Curah Rp 14.000 Per Liter di 10.000 Titik Pasar

Kompas.com - 07/06/2022, 11:49 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan menargetkan 30.000 pengecer di pasar tradisional ikut mendistribusikan minyak goreng curah lewat program Minyak Goreng Curah Rakyat.

Asal tahu saja program Minyak Goreng Curah Rakyat adalah program besutan pemerintah yang diluncurkan sebagai upaya untuk menjual minyak goreng curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu sebesar Rp 14.000 per liter.

"Dalam 2 pekan sudah ada lebih dari 10.000 pengecer dalam program Minyak Goreng Curah Rakyat. Ini akan naik terus menjadi 30.000 pengecer di 10.000 titik pasar," ujar Mendag Lutfi saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Ampera, Kampung Ambon, Jakarta Timur, Selasa (7/6/2022)

Baca juga: Mendag Lutfi Kunjungi Pasar di Jaktim, Sebut Program Migor Curah Rakyat Sudah Berjalan

Mendag Lutfi menuturkan penjualan melalui pengecer itu akan dilakukan dengan sistem Closed Loop, dimana semua transaksi pendistribusian menggunakan sistem digital.

"Dengan memanfaatkan digital jadi kita tahu dimana tersendatnya, dimana lahannya, dimana yang kita hadapi kendala-kendalanya," kata Mendag Lutfi.

Bahkan proses pendistribusian ini pun, kata dia, akan dikerjakan semua bersama aparat hukum.

"Jadi saya meminta kepada semua pemain minyak goreng untuk mengikuti aturan dan di sini Satgas Pangan juga mengikuti. Begitu juga jaksa dan aparat lain untuk memastikan keterjangkauan," ungkap Lutfi.

Baca juga: Minyak Goreng Curah Rakyat, Lutfi: Seluruh Proses Akan Berbasis Digital

Mendag Lutfi juga mengatakan, hingga saat ini program minyak goreng curah rakyat sudah mulai berjalan dan sudah ada 10.000 pengecer yang mendistribusikan minyak goreng curah lewat program tersebut.

Kemendag pun akan terus menggenjot pendistribusian migor curah lewat program tersebut sehingga target dari 30.000 pengecer bisa terlaksana.

"Seperti yang diketahui pasar ada 17.000 nah rencana kita, pengecer akan hadir tidak kurang di 10.000 pasar akan kita supplai. Saya akan terus pergi memastikan langsung jaringan penjual minyak goreng curah ini sesuai rencana," pungkasnya.

Baca juga: Awasi Distribusi Minyak Goreng, Pemerintah Bakal Pakai Aplikasi PeduliLindungi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com