Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Minyak Goreng Curah di Semarang, Luhut: Cukup Bagus meski Ada Kendala...

Kompas.com - 08/06/2022, 11:32 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memantau perkembangan penyaluran minyak goreng di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022).Dokumentasi Humas Kemenko Marves Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memantau perkembangan penyaluran minyak goreng di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Puri Gedeh Kota Semarang, Selasa (7/6/2022) KOMPAS.com/pemprov jateng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Puri Gedeh Kota Semarang, Selasa (7/6/2022)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan tengah memonitor kebijakan pengelolaan minyak goreng curah rakyat dengan melakukan peninjauan ke beberapa lokasi.

Seperti di Indomarco (sebagai distributor 1), PT Best, dan beberapa pabrik minyak goreng yang ada di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022).

"Progres dari hasil kunjungan ke lapangan hari ini ke empat titik di Semarang yang cukup bagus dengan tren yang membaik. Meskipun masih terdapat beberapa kendala, tetapi masih minor," ujar secara tertulis, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Ini Cara Beli Minyak Goreng Curah Rp 14.000 Pakai KTP

Dari hasil pantauan di Jawa Tengah, lanjut Luhut, mulai menunjukkan bahwa tren penurunan harga cukup terlihat walaupun di beberapa wilayah masih tinggi. Untuk itu diperlukan percepatan pendistribusian minyak goreng curah rakyat ke wilayah yang masih tinggi harganya tersebut.

Selain itu, dari pemantauan di lapangan juga mulai ada permintaan untuk penggunaan minyak goreng kemasan sederhana. Hal ini menurut Luhut yang juga mantan Menko Polhukam, perlu segera ditindaklanjuti setelah pelaksanaan flush out saat ini.

Pemerintah saat ini sedang menyusun kebijakan untuk flush out tangki-tangki yang penuh sehingga rantai pasok dari sisi tandan buah segar dapat diserap oleh pabrik-pabrik kelapa sawit.

Baca juga: Mendag Beberkan Jurus Baru untuk Stabilkan Harga Minyak Goreng Curah Sesuai HET

Luhut bilang, dengan koordinasi antar pemangku kepentingan diyakini pengelolaan minyak goreng curah rakyat akan dapat berjalan dengan baik.

"Koordinasi terus dilakukan dengan Satgas Pangan di daerah, BPKP, Kepolisian Daerah Jateng hingga Kapolsek untuk mengamankan ketersediaan dan kepastian harga minyak goreng curah rakyat Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram," pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Luhut ikut membantu pendistribusian minyak goreng. Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan mengatakan, nantinya peran Luhut akan membantu seperti sutradara yang membantu proses pendistribusian minyak goreng melalui aplikasi milik pemerintah.

Oke mengatakan, Luhut sudah terbukti berpengalaman mengurus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan aplikasi Peduli Lindungi. Ia menjelaskan, nantinya pembelian minyak goreng curah murah dilakukan dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca juga: Bukan Cuma Minyak Goreng, Luhut Akan Pakai PeduliLindungi Buat Pantau Komoditas Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com