Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Biaya Administrasi ATM Jadi Rp 150.000, BRI: Hoaks!

Kompas.com - 09/06/2022, 11:40 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menegaskan, tidak ada penyesuaian tarif transaksi dalam waktu dekat.

Hal itu merespons adanya informasi beredar yang menyebutkan, biaya adminitrasi ATM BRI tidak lagi dikenakan Rp 6.500 per transaksi, melainkan Rp 150.000 per bulan untuk transaksi tak terbatas alias unlimited, di mana biaya itu akan diambil melalui autodebet rekening tabungan.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi kirim-mengirim uang, sehingga nasabah pun diminta memberi tanggapannya dengan memilih antara setuju/tidak setuju dengan biaya baru tersebut.

Melalui akun Instagram resmi, manajemen BRI memastikan, kabar yang beredar tersebut tidak benar adanya atau hoaks.

Baca juga: Cara Blokir Kartu ATM BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri Lewat HP

"Sehubungan dengan beredarnya kabar bahwa ada perubahan biaya transaksi BRI menjadi Rp 150.000 per bulan, bisa dipastikan kalau itu hoaks," tulis manajemen BRI, melalui akun Instagram @bankbri_id, Kamis (9/6/2022).

Manajemen BRI menegaskan, informasi resmi dari bank hanya berasal dari saluran informasi resmi, yakni media komunikasi yang dapat diakses masyarakat secara luas.

"Nomor WhatsApp resmi BRI hanya 0812-1214-017 dan website resminya hanya https://ib.bri.co.id. Selain itu, bisa dipastikan PALSU," tulis BRI.

Lebih lanjut manajemen BRI mengimbau nasabah untuk mewaspadai segala bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Jangan menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan apa pun kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI.

"Kangan bagikan PIN, nomor rekening, nomor kartu, username dan password internet banking, serta kode OTP melalui tautan atau selain website resmi BRI," tulis BRI.

Baca juga: Pengalaman Beli Pertalite Pakai MyPertamina, Bayar hanya Bisa Pakai LinkAja, Debit BNI, BRI, Mandiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com