Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bitcoin dkk Melemah, Cek Harga Kripto Hari Ini

Kompas.com - 10/06/2022, 10:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CoinDesk

NEW YORK, KOMPAS.com – Pasar aset kripto tampak berkabut pada pagi ini, Jumat (10/6/2022). Melansir Coinmarketcap pagi ini 7 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling redup adalah Cardano atau ADA yang melemah 0,92 persen menjadi 0,63 dollar AS. Disusul oleh Dogecoin (DOGE) yang turun 0,89 persen ke level 0,07 dollar AS, dan XRP yang terkoreksi 0,68 persen pada posisi 0,39 dollar AS.

Pelemahan juga terjadi pada Bitcoin atau BTC yang berada di level 30.038 dollar AS atau turun 0,45 persen. Selanjutnya Ethereum atau ETH juga merosot 0,23 persen ke posisi 1.786 dollar AS.

Baca juga: Akibat Perang Rusia-Ukraina, OECD Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Hanya 3 Persen

Sementara itu, Solana (SOL) menguat 2,27 persen ke level 39,47 dollar AS. Kemudian Polkadot (DOT) yang berada pada posisi 9,1 dollar AS atau naik 1,9 persen, dan Binance Exchange (BNB) yang bertambah 0,53 persen menjadi 289,09 dollar AS.

Pagi ini Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) masing-masing turun 0,001 persen pada posisi 0,9 dollar AS, dan 1 dollar AS. Sebagai informasi, USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Adapun kapitalisasi pasar kripto secara global yakni 1,24 triliun dollar AS atau naik 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Volume pasar kripto juga turun 19,18 persen menjadi 58,10 miliar dalam 24 jam terakhir, dan stablecoin berada pada posisi 50,61 miliar dollar AS yang mewakili 87,12 persen dari total pasar kripto.

Mengutip Coindesk, saat ini sentimen di pasar kripto masih berada dalam sentimen bearish berkepanjangan. Sementara itu, funding rate Bitcoin, juga berada pada posisi long dan short di pasar berjangka. Posisi ini bertahan netral selama enam bulan terakhir.

Baca juga: Jelang Pengumuman CPI, Wall Street Berakhir di Zona Merah

“Konsistensi funding rate berada di posisi netral hingga negatif, dan ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah [perpetual market] bitcoin,” kata Arcane Research

Biasanya, funding rate mengalami perubahan tajam, yang mencerminkan sentimen bullish/bearish yang ekstrim di sekitar harga tertinggi dan terendah. Seiring waktu, kondisi ini menunjukkan selera yang lebih rendah untuk leverage atau funding yang netral di antara pelaku pasar.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual mata uang kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual mata uang kripto.

Baca juga: Rekrutmen PPPK Guru Dibuka Tahun Ini, Simak Kategori Pelamarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CoinDesk
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com