Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Ridwan Kamil di Bern Swiss, Menaker Ida Sampaikan Duka Cita atas Meninggalnya Eril

Kompas.com - 11/06/2022, 21:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan langsung duka cita atas meninggalnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab dipanggil Eril.

Ungkapan duka cita disampaikan saat keduanya bertemu di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kota Bern, Swiss, Jumat (10/6/2022). Menaker bertemu Ridwan Kamil di sela-sela dirinya melakukan kunjungan kerja di sana.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ananda Eril, putra Kang Ridwan Kamil. Semoga Eril mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah, dan Kang Ridwan Kamil beserta keluarga diberi ketabahan," kata Ida dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: Jenazah Eril Diperkirakan Tiba di Jakarta Minggu Sore

Saat di Kantor KBRI, Menaker bersama Ridwan Kamil, rombongan dari Kementerian Ketenagakerjaan, dan para pegawai KBRI melakukan salat gaib untuk Eril. Salat gaib dipimpin oleh Ridwan Kamil.

Seusai melaksanakan salat gaib, dirinya dan Ridwan Kamil bersama-sama mengunjungi Sungai Aare. Lokasi yang menjadi tempat hilangnya Eril. Tiba di Sungai Aare, keduanya berjalan ke sisi sungai.

Kemudian berhenti di sebuah pohon yang dijadikan sebagai penanda untuk mengenang Eril. Setelah itu, mereka mengitari sungai dan jembatan sambil berbincang-bincang tentang kronologi hilangnya Eril di sungai yang memiliki sebutan Sungai Hijau Tosca itu.

Baca juga: Indonesia dan Swiss Teken Perjanjian Pertukaran Profesional Muda

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Kamis (9/6/2022), Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) ditemukan pada hari ke-14 pencarian pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat. Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar RI (Dubes RI) untuk Swiss Muliaman Hadad.

Muliaman menjelaskan, Kepolisian Kantor Bern langsung bertemu keluarga dan pihak KBRI Bern setelah mendapatkan informasi awal terkait penemuan jenazah yang diduga Eril.

Setelah melaporkan penemuan awal, otoritas setempat menjalankan prosedur yang berlaku. Tim forensik kepolisian setempat melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jenazah yang ditemukan adalah Eril.

"Pada hari Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA, jasad yang ditemukan kemarin adalah Ananda Emmeril Kahn Mumtadz atau Ananda Eril. Hal ini juga sudah disampaikan secara official melalui media rilis kepolisian Bern pada pukul 13.45 siang ini waktu Swiss," ucap Muliaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com