Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan PMK, Kementan Akan Vaksin Hewan Mulai Besok

Kompas.com - 13/06/2022, 20:30 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian akan melakukan vaksinasi hewan secara nasional di daerah yang terkena wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Selasa (14/6/2022) besok.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri mengatakan, pemerintah akan menyiapkan anggaran pengadaan total 3 juta dosis vaksin PMK.

Kuntoro bilang, saat ini, tahap pertama vaksin telah tiba pada hari Minggu 12 juni 2022 kemarin, melalui Bandara Soekarno Hatta. Selanjutnya akan tiba 800.000 dosis dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: Cegah Penyebaran Penyakit PMK, Kementan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

"Dengan tibanya vaksin PMK tersebut kami ingin sampaikan vaksinasi perdana nasional direncanakan akan dimulai besok 14 Juni 2022 sesuai dengan peta sebaran PMK," ujarnya dalam jumpa pers virtual, Senin (13/6/2022).

Lebih lanjut Kuntoro mengatakan, pelaksanaan vaksinasi nantinya akan bekerja sama dengan posko-posko tanggap darurat di daerah yang peruntukannya akan diprioritaskan ke hewan sehat dan berisiko tinggi tertular.

Kemudian juga akan diprioritaskan ke daerah-daerah sumber pembibitan ternak, peternak sapi perah milik rayat dan koperasi susu serta peternak sapi potong.

Baca juga: Kementan Beberkan Upaya Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku Hewan

"Kami ingin menekankan bahwa Kementan melalui Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) di Surabaya juga tengah persiapkan vaksin lokal yg diprediksi selesai produksi akhir Agustus 2022 nanti," lanjut dia.

Kuntoro juga mengatakan, menjelang peryaan Idul Adha awal Juli nanti, pemerintah mengajak masyarakat untuk tidak khawatir lantaran ketersediaan hewan kurban dipastikan aman.

"Kami pastikan ketersediaan hewan kurban baik sapi, kambing dan domba dalam kondisi cukup dan hal ini mengacu pada jumlah kebutuhan kurban tahun lalu yang mencapai 1,5 juta ekor meski dalam kondsii wabah PMK pemerintah berkeyakinan stok hewan kurban saat ini mampu penuhi kebuthan kurban di Idul Adha nanti," ungkapnya.

"Kami juga menekankan PMK tidak berbahaya bagi kesehatan mansuia dan fakta di lapangan PMK pada hewan sapi dan berkuku belah dapat disembuhkan," sambung dia.

Baca juga: Berantas Penyakit Mulut dan Kuku, Pemerintah Bentuk Satgas dan Siapkan Anggaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com