Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNVR Bukukan Pertumbuhan Laba Bersih Rp 2 Triliun di Kuartal I 2022

Kompas.com - 15/06/2022, 16:01 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Indonesia, Tbk (UNVR) mencatatkan pertumbuhan laba bersih 19 persen sebesar Rp 2 triliun pada kuartal I tahun 2022, dibanding periode sama tahun lalu Rp 1,6 triliun.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Ira Noviarti mengatakan, pertumbuhan laba bersih di kuartal pertama tahun ini ditopang oleh pertumbuhan penjualan bersih sebesar Rp 10,8 triliun.

Adapun kontribusi dari penjualan domestik bertumbuh sebesar 5,8 persen year on year atau 13,9 persen quarter on quarter.

“Perseroan berhasil mengawali tahun 2022 dengan kuat. Pendorong pertumbuhan di kuartal I 2022 adalah penguatan fundamental bisnis yang berfokus pada tiga pilar yaitu meningkatkan investasi serta kekuatan di kategori dan brand-brand kunci sekaligus meningkatkan inovasi,” kata Ira, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Viral Video Unilever PHK Karyawan, Ini Kata Manajemen

Ira juga mengatakan, untuk mendorong kinerja di tahun 2022 ini, perseroan juga memperkuat pondasi di DistributiveTrade, dan membangun kekuatan di channel Modern Trade dan channel masa depan (e-commerce).

“Hal ini juga didukung oleh pulihnya perekonomian Indonesia dan kembalinya mobilitas mendorong peningkatan daya beli konsumen,” ujar Ira.

Ira menjelaskan, menguatnya fundamental tersebut menjadi kunci pertumbuhan Unilever Indonesia kedepannya.

Pada kuartal I tahun 2022 ini, Distributive Trade Perseroan mencatatkan pertumbuhan double digit, sementara channel e-commerce menggandakan kinerja dengan bertumbuh sebesar 100 persen.

Baca juga: Unilever Buka Lowongan Management Trainee 2022 untuk Semua Jurusan, Ini Cara Daftarnya

Divisi pendorong pertumbuhan

Divisi yang berhasil mendorong pertumbuhan Perseroan adalah divisi Food, Beverage, Personal Care, dan Unilever Foods Solution (UFS). Brand Royco, Bango dan Buavita menjadi penopang utama pertumbuhan divisi Food dan Beverage.

Sementara dari divisi Personal Care yang berhasil membukukan pertumbuhan penjualan didorong oleh kinerja yang kuat dari kategori Oral Care dan Deodorant. Untuk divisi Unilever Foods Solution (UFS) di kuartal I – 2022 juga bertumbuh sebesar 25 persen.

“Kinerja ini berhasil membawa UFS pada posisi yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum pandemi. Awal yang kuat harus dibarengi dengan strategi dan eksekusi yang juga kuat untuk mempertahankan kinerja,” tambahnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com