Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Elnusa Target Raih Pendapatan Rp 3,15 Triliun dari Jasa Hulu Migas

Kompas.com - 16/06/2022, 13:59 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jasa bidang pertambangan minyak dan gas (migas) PT Elnusa Tbk (ELSA) menargetkan meraih pendapatan  Rp 3,15 triliun dari jasa hulu migas hingga Desember 2022.

Seperti diketahui, Elnusa perusahaan solusi total jasa energi dengan kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang bidang migas. 

Aditya Dewobroto, Vice President of Strategic Planning and Corporate Management PT Elnusa Tbk mengatakan, dari target tersebut, kontribusi terbesar ditargetkan berasal dari oilfield services sebesar Rp 1,9 triliun. 

Kemudian sisanya dari geoscience & reservoir services senilai Rp 800 miliar, dan EPC-OM services sebesar Rp 350 miliar.

“EPC dan OM kita lakukan selekstif proyek untuk memastikan pekerjaan yang kita lakukan bisa menghasilkan profit optimal,” ujar Aditya di Jakarta, Rabu (15/6/2022), melalui keterangannya. 

Baca juga: Peduli Lingkungan, Elnusa Petrofin Tanam 500 Bibit Mangrove di Bangka Belitung

Ia mengatakan pada sektor jasa hulu migas, Elnusa tengah mengerjakan Survei Seismik 2D Vibroseis Jawa sepanjang 1000 Km dan masih berlangsung hingga September nanti.

Elnusa juga mengerjakan Survei Seismik 3D di Sumatera. “Kami juga melakukan Seismic 2D OBN Akuisisi, Processing & Reprocessing Data Area Selatan,” ujarnya.

Pada Jasa EPC-OM, Elnusa mengerjakan penyisipan pipa bawah laut untuk main oil line XAP, Maintenance mechanical, electrical & instrument di BP Tangguh LNG Plant, Operation & maintenance penyaluran minyak jalur Talang Akar Pendopo dan South Palembang, Operation & Maintenance serta penanggulangan keadaan darurat - Pertamina Gas Operation Rokan.

Baca juga: Raih Outlook Stabil Pefindo, Elnusa Bidik Laba Bersih Rp 200 Miliar Tahun Ini

Jasa distribusi dan logistik

Pada Jasa distribusi & Logistik Energi untuk layanan transportasi, Elnusa mengelola 75 Terminal BBM, 1767 mobil tangki kelola, 11 Stasiun Pengisian Bahan Bakar/ Agen Premium Minyak Solar (APMS) dan mengelola transportasi BBM ke 2185 Pertashop di berbagai wilayah.

Sementara untuk Depo Service mengelola 28 VHS, 19 Franco, 7 DPPU Aviasi dan 2 KSO untuk Adaro dan KSO TBBM Tanjung Pandan, mengelola Mini Depot LPG Amurang, 6 LTSA Automatic Tank Gauge (ATG) di berbagai wilayah, Inline Blending Adaro dan mengelola 1 SPBU, 2 SPPBE dan 1 SPPBE.

Baca juga: Sah, Pertamina Hulu Energi Kuasai 51 Persen Saham Elnusa

Jasa penunjang migas

Sementara Jasa Penunjang Migas seperti Fabrication & Maintenance Services, Elnusa mengerjakan fabrikasi alat (Hydraulic Rig-14 dengan 100 persen desain mandiri, Pertashop & Mobil Tangki) serta layanan maintenance yang terintegrasi.

Untuk layanan Marine Support Services. Perusahaan juga mengoperasikan 20 unit marine services, mengerjakan jasa Dredging di Blok Mahakam serta sukses menyediakan Swamp Work Barge untuk pekerjaan HWU Drilling.

“Terakhir pada Warehouse, Data Management & ICT Services, 100 persen terisi penuh untuk document & core storage dan general asset, National Data Repository Pusdatin ESDM, Manajemen data migas terintegrasi –PUDC dan mengerjakan sistem pemantauan manajemen pelabuhan terintegrasi untuk Pertamina,” kata Aditya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com