Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oracle: Orang Asia Lebih Memilih Merek yang Mengedepankan Humor, hingga Iklan yang Lucu

Kompas.com - 16/06/2022, 17:50 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penelitian terbaru menunjukkan sembilan dari 10 orang Asia memilih merek yang memiliki selera humor karena membuat mereka bahagia dan tertawa.

Laporan penelitian tersebut tertuang dalam JAPAC Happiness Report dari Oracle dan Gretchen Rubin, penulis dan podcaster terlaris di New York Times. 

Temuan penelitian didasarkan pada survei yang dilakukan oleh Savanta, Inc. di seluruh Amerika Serikat, Inggris, Uni Emirat Arab, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Cina, Singapura, India, Australia, Meksiko, Brasil, dan Kolombia antara 27-Januari 2022.

Laporan penelitian mencakup pendapat lebih dari 12.000 orang di 14 negara, dan 5.254 dari Asia Pasifik dan Jepang (JAPAC). 

Laporan ini menemukan bahwa orang-orang di JAPAC mencari pengalaman baru untuk membuat mereka tersenyum dan tertawa. Mereka akan menyukai merek yang mengedepankan humor sehingga rasa loyalitas, advokasi dan pembelian berulang akan muncul daripada merek yang tidak ada humor sama sekali.

Baca juga: Brand Lokal Ingin Mejeng di AsiaBerlin Summit 2022? Ini Caranya

Dalam studi ini disebutkan, orang-orang di JAPAC mencari kebahagiaan dengan cara baru dan bersedia membayar mahal.

Hal itu karena sudah lebih dari dua tahun sejak terakhir banyak orang yang tidak merasakan kebahagiaan sejati (karena pandemi Covid-19), sehingga mereka mencari cara untuk merasa bahagia lagi, berapa pun harganya. 

Berikut adalah beberapa temuan dari responden JAPAC: 

•44 persen responden JAPAC mengatakan mereka tidak merasakan kebahagiaan sejati selama lebih dari dua tahun dan 25 persen tidak tahu, atau lupa, apa artinya merasa benar-benar bahagia.
•85 persen mencari pengalaman baru untuk membuat mereka tersenyum dan tertawa. Orang-orang di JAPAC memprioritaskan kesehatan (78 persen), koneksi pribadi (77 persen), dan pengalaman (45 persen) untuk mendapatkan kebahagiaan.
•Untuk merasakan kebahagiaan sejati selama satu jam saja, banyak orang rela melepaskan teman (62 persen), sebagian dari pendapatan (61 persen), mandi (55 persen) selama seminggu.

Baca juga: Konsumen Indonesia Diprediksi Mulai Belanja di Awal Ramadhan, Brand Bisa Lakukan Pemasaran Ini

Orang menginginkan merek yang bisa membuat mereka tersenyum

•Lebih dari separuh responden JAPAC (56 persen) berharap uang dapat membeli kebahagiaan, dengan 81 persen bersedia membayar mahal untuk kebahagiaan sejati.
•89 persen berusaha menemukan kebahagiaan dalam belanja online selama pandemi dan 47 persen mengatakan menerima paket membuat mereka bahagia.
Periklanan, pemasaran, penjualan, dan interaksi layanan pelanggan perlu diubah.
Orang menginginkan merek yang bisa membuat mereka tersenyum dan tertawa, tetapi para pemimpin bisnis justru merasa khawatir menggunakan humor dalam interaksi pelanggan karena takut dibatalkan.

Iklan yang lucu lebih diingat

•76 persen orang percaya bahwa merek dapat berbuat lebih banyak untuk memberikan kebahagiaan kepada pelanggan mereka dan 91 persen mengatakan bahwa mereka lebih suka merek yang memberikan humor dan jumlah ini meningkat di antara Gen Z (95 persen) dan Milenial (95 persen).
•Iklan: 89 persen lebih cenderung mengingat iklan yang lucu, namun para pemimpin bisnis JAPAC mengatakan bahwa hanya 17 persen iklan offline milik mereka (TV, papan iklan) dan 14 persen iklan online mereka yang aktif menggunakan humor.
•Saluran sosial: 74 persen orang akan mengikuti merek jika lucu di saluran media sosialnya, namun hanya 12 persen pemimpin bisnis yang mengatakan merek mereka menggunakan humor di media sosial.

Chatbot yang humoris lebih disukai

•Pemasaran email: 68 persen orang akan membuka email dari suatu merek jika baris subjeknya lebih lucu, namun hanya 21 persen pemimpin bisnis JAPAC yang mengatakan bahwa mereka secara aktif menggunakan humor dalam kampanye pemasaran email.
•Chatbot/asisten digital: 67 persen lebih suka terlibat dengan chatbot/asisten digital yang humoris, namun hanya 24 persen pemimpin bisnis JAPAC yang mengatakan merek mereka secara aktif memasukkan humor ke dalam komunikasi bot.
Senyum dan tawa memang menghasilkan dividen, tetapi para pemimpin bisnis khawatir untuk mencoba sisi humoris pada mereknya.
Orang akan menghargai brand yang menghubungkan humor dengan loyalitas, advokasi, dan pembelian berulang dan akan meninggalkan merek yang tidak menggunakan humor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com