Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Keluarga Tidak Mampu di DIY Kini Bisa Menikmati Listrik

Kompas.com - 18/06/2022, 21:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 100 keluarga kurang mampu di Sleman dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kini bisa menikmati listrik setelah mendapatkan bantuan biaya penyambungan listrik gratis oleh PT PLN (Persero).

Bantuan ini diberikan secara simbolis oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo kepada salah satu warga penerima manfaat di Kabupaten Bantul di sela-sela acara gowes bersama Direksi PLN pada Sabtu (18/6/2022).

Darmawan mengatakan, pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Baca juga: Tarif Listrik Rumah Mewah Harus Naik, Pemerintah Beberkan Alasannya

Rumah penerima bantuan akan mendapatkan listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Tak hanya itu, bantuan juga meliputi pembuatan instalasi di dalam rumah dengan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

"PLN menyediakan bantuan sambung listrik gratis untuk 100 pelanggan. Satu pelanggan (nilai) bantuannya Rp 1 juta, baik itu penyambungan maupun instalasi di dalam rumahnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/6/2022).

Ia menjelaskan, dalam menyediakan listrik, pada dasarnya PLN hanya berkewajiban membangun jaringan untuk memasok listrik ke rumah pelanggan.

Sementara untuk pembuatan instalasi di dalam rumah dan biaya penyambungan listrik biasanya menjadi tanggung jawab pelanggan. Tetapi dengan adanya bantuan ini biaya tersebut ditanggung oleh PLN.

Baca juga: Daftar 5 Golongan Pelanggan yang Kena Kenaikan Tarif Listrik

"Bantuan biaya penyambungan listrik gratis ini merupakan bentuk kepedulian PLN bagi masyarakat tidak mampu, serta sebagai upaya dalam pemerataan kelistrikan di seluruh Indonesia, dan sebagai wujud hadirnya negara melalui akses energi," jelasnya.

Sebagai informasi, sepanjang semester I-2022, PLN telah memberikan bantuan listrik gratis kepada sebanyak 509 warga kurang mampu di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Bantuan tersebut disalurkan di daerah Magelang, Salatiga, Tegal, Klaten, Purwokerto, Sukoharjo, dan Demak.

Tak hanya di Jawa Tengah dan DIY, PLN juga telah memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada 18.377 keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia sepanjang 2021, dengan total anggaran mencapai Rp 18,6 miliar.

Baca juga: PLN Minta Dana PMN Rp 10 Triliun di 2023, buat Bangun Pembangkit Listrik di Pelosok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com