Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng KargoNexus, Danone-AQUA Bisa Pantau Logistik secara Real Time

Kompas.com - 20/06/2022, 16:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marketplace logistik Kargo Technologies melalui KargoNexus mengumumkan kerja sama dengan Danone-AQUA untuk memperkuat sistem logistik operasional.

Digitalisasi ini diklaim membantu sistem pengadaan dan pengiriman menjadi lebih sederhana dan terintegrasi.

Danone-AQUA telah memulai transformasi digital pada sistem logistik dan telah mendapatkan peningkatan efisiensi pengadaan logistik hingga 30 persen.

Pada tahun 2022, Danone mengimplementasikan platform KargoNexus untuk membantu mengontrol dan menjamin proses pengiriman barang secara efektif dan efisien.

Baca juga: Lengkap, Ini Daftar Golongan Tarif Listrik Subsidi dan Non-subsidi

KargoNexus menyediakan solusi yang memiliki sistem lengkap dan terintegrasi dari manajemen pengiriman first mile, mid mile hingga last mile, pemilihan vendor/transporter, pemantauan pengiriman hingga kinerja berbasis data digital melalui pemanfaatan teknologi.

Platform ini juga diklaim membantu membuat keputusan bisnis yang akurat melalui laporan analisis data. Misalnya, perusahaan dapat menentukan volume alokasi pengiriman ke pengangkut berdasarkan data kinerja di lapangan agar tetap selaras dengan tujuan bisnis perusahaan.

Danone Cycles & Procurement Sr. Manager Logistics Muhammad Riefqi mengatakan, di Indonesia, salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah banyaknya waktu dan perencanaan yang dibutuhkan untuk berkoordinasi antara vendor dan driver.

"Dengan solusi teknologi terbaru Kargo, kami dapat menghemat waktu karena vendor dan driver dapat berinteraksi langsung melalui satu platform. Berkat Kargo, kini Danone tidak perlu lagi mengejar-ngejar penyedia truk melalui telepon atau email. Sekarang, status pengiriman telah termpampang rapi dan sangat mudah untuk kami akses,” kata dia dalam keterangan resmi, Senin (20/6/2022).

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 33 Ditutup Malam Ini, Begini Cara Cek Hasil Seleksi

Primary Supply Chain Regional Deployment Manager di Danone Rama Renspandy menyampaikan, berkat KargoNexus perusahaannya bisa memantau armada yang sedang melakukan pengiriman secara real time.

Ia bilang, hal itu dinilai membuat visibilitas waktu kedatangan lebih akurat dan perusahaan dapat menangani issue lebih cepat dan mudah.

"Kami juga dapat melihat setiap pergerakan dan aktivitas armada yang membuat kami lebih ringkas dan akurat dalam memprediksi waktu yang dibutuhkan dalam setiap rute menggunakan historical data,“ imbuh dia.

Sementara itu, Co-Founder dan CEO Kargo Technologies Tiger Fang mengatakan, Kargo berada pada titik temu antara logistik dan teknologi dengan visi membangun infrastruktur digital untuk industri logistik di Indonesia.

"Kargo sangat antusias dalam membangun ekosistem yang memberikan kemudahan kepada klien yang membutuhkan dengan merampingkan lanskap logistik dan transportasi di Indonesia melalui teknologi," ucap dia.

Kolaborasi antara Kargo Technologies dan Danone-AQUA telah memberikan dampak antara lain terjadi pengurangan intensitas dalam menelpon transporter hingga 99 persen.

Selain itu, kolaborasi ini dinilai mempercepat konfrmasi order sebanyak 85 persen dari sebelumnya. Keuntungan lainnya ialah Danone-AQUA dapat melihat dan memantau seluruh status pengiriman dan mendapatkan peningkatan 5x lebih banyak dari proses sebelumnya.

Baca juga: Tekan Wabah PMK, Menko Airlangga Minta Vaksinasi Hewan Ternak Dipercepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com