Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Alasan Pemda Endapkan Dana di Bank | Dirut Super Air Jet Minta Maaf

Kompas.com - 21/06/2022, 05:37 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1.Bikin Sri Mulyani Jengkel, Ini Alasan Pemda Endapkan Dana di Bank

Dana Pemerintah Daerah (Pemda) yang mengendap di bank masih tinggi. Hal itu membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani jengkel. Pada April 2022, dana Pemda yang mengendap di bank mencapai Rp 191,57 triliun. Sementara pada Mei 2022, dananya lebih tinggi lagi menembus Rp 200 triliun.

Menurut Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni, ada beberapa penyebab atau alasan Pemda menyimpan dana di bank.

Salah satu alasannya adalah untuk mendapat bunga bank sebagai tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Ada indikasi lain penyebab belanja itu rendah, karena uang kas yang tersimpan di bank itu dimaksudkan untuk mendapatkan PAD, mendapatkan bunga perbankan," kata Agus dalam Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi APBD di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Simak selengkapnya di sini

2. Pesawat Super Air Jet Delay 3 Jam, Dirut Minta Maaf dan Ungkap Penyebabnya

Pesawat Super Air Jet tipe Airbus 320-200 PK-SJD dengan rute penerbangan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) sempat mengalami penundaan keberangkatan selama 3 jam.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (18/6/2022). Awalnya, pesawat tersebut dijadwalkan terbang pukul 17.10 WIB dari Bandara YIA. Namun hingga pukul 19.30 WIB, pesawat tidak kunjung berangkat padahal boarding atau waktu penumpang masuk pesawat sejak pukul 16.40 WIB.

Kejadian itu sempat diunggah oleh akun Tiktok @sumiati_erwin sebagai salah satu penumpang dari pesawat Super Jet Air yang mengalami delay berjam-jam.

Pada video itu menunjukkan para penumpang yang ada di dalam pesawat mengeluh karena tak kunjung lepas landas dan meminta kejelasan dari kru pesawat.

Lalu apa tanggapan Super Air Jet? Baca di sini

3. Viral Video Pria Raba Paha Penumpang Perempuan di KA Argo Lawu, Ini Penjelasan KAI

Viral sebuah video yang menunjukkan aksi penumpang laki-laki melakukan pelecehan dengan meraba paha penumpang perempuan yang duduk disebelahnya pada Kereta Api (KA) Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir.

Video itu diunggah oleh akun Twitter @Selasarabu_ yang juga mengaku sebagai korban. Pada video, nampak seorang penumpang pria dengan mengenakan celana cokelat dan jaket abu-abu menggerakan tangannya secara perlahan ke arah penumpang perempuan di sebelahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com