Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Pasar Bakal Tutup 3 Hari jika Mendag Zulhas Gagal Turunkan Harga Minyak Goreng

Kompas.com - 22/06/2022, 14:15 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pedagang pasar yang tergabung dalam Pusat Koperasi Pasar (Puskopas) DKI Jakarta melakukan aksi demo di depan kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu (22/6/2022).

Dalam aksi demo ini, Puskoppas DKI Jakarta mengancam akan menutup pasar selama 3 hari jika Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan tak segera menurunkan harga minyak goreng dan bahan pokok lainnya dalam waktu dua minggu ke depan.

Baca juga: Kemendag Mau Edarkan Minyak Goreng Kemasan Sederhana Seharga Rp 14.000/liter Pekan Depan

Ketua Puskoppas DKI Jakarta Gusnal mengatakan, saat ini bukan hanya minyak goreng yang mahal, namun hampir seluruh harga pangan juga terjadi kenaikan yang cukup signifikan.

“Kini terasa betul pedagang bukan hanya minyak goreng, ini karena pemerintahnya tidak peduli terhadap rakyatnya,” ujar Gusnal saat ditemui Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

"Kalau ini tetap begini, kami akan bergerak lagi. Kita akan ada gerakan tutup pasar tiga hari," sambung dia.

Lebih lanjut Gusnal mengatakan, kenaikan harga pangan di pasar merupakan bentuk ketidakpedulian pemerintah. Sebab, kata dia, jika pemerintah peduli seharusnya pemerintah bisa mengendalikan harga-harga kebutuhan pokok.

Sementara itu berdasarkan pantaun Kompas.com, ada ratusan pedagang yang ikut melakukan aksi demo. Diantaranya adalah perwakilan pedagang Tanah Abang, perwakilan pedagang Cibubur, perwakilan pedagang Blok M, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mendag Zulhas Bolehkan Beli Minyak Goreng Curah Maksimal 10 Liter Per Hari Per KTP

Tak selang berapa lama demo dilakukan, Mendag Zulikfli Hasan alias Zulhas keluar menjumpai para pedagang untuk melakukan audiensi.

Zulhas pun meminta para pedagang untuk memberi dia waktu selama 2 minggu untuk menyelesaikan persoalan yang ada hingga mendistribusikan minyak goreng curah merata yang dibanderol Rp 14.000 per liter.

"Kasih waktu yah 2 minggu. Nanti kalau harganya enggak Rp14.000 per liter datang lagi kemari ya," kata Zulhas.

Baca juga: Mendag Zulhas Optimistis Persoalan Minyak Goreng Curah Selesai dalam 2 Minggu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com