Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Kepemilikan Rumah Bagi MBR, BSI Gelar Akad Massal 2.500 Nasabah FLPP

Kompas.com - 22/06/2022, 15:05 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI bersama dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menggelar akad massal bagi 2.500 nasabah program BSI KPR Sejahtera FLPP secara serentak pada hari ini, Rabu (22/6/2022).

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, program BSI KPR Sejahtera FLPP merupakan bentuk partisipasi perusahaan dalam mendukung dan menjalankan program nasional sejuta rumah pemerintah melalui skema FLPP, untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memiliki rumah.

"Program besar ini tujuannya tidak semata hanya bisnis, melainkan pemenuhan salah satu kebutuhan primer yakni rumah sebagai tempat tinggal yang juga mencapai tujuan sesuai maqashid syariah," ujar dia, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: BSI Targetkan Penyaluran Pembiayaan FLPP Senilai Rp 1,5 Triliun hingga Akhir 2022

"Di sinilah peran BSI sebagai bank syariah yang hadir menjadi solusi dan menjawab kebutuhan masyarakat," tambah Anton.

Lebih lanjut Ia bilang, pada tahun ini, BSI berencana mengakselerasi penyaluran pembiayaan KPR Sejahtera FLPP yang ditargetkan mencapai Rp 1,5 triliun.

Adapun sepanjang Januari hingga akhir Mei BSI telah menyalurkan 2.548 unit rumah FLPP dengan nilai penyaluran sebesar Rp 371 miliar.

"Kuatnya komitmen BSI untuk mendukung program pemerintah ini ditunjukkan dengan total realisasi penyaluran FLPP sejak tahun 2012 sampai dengan 31 Mei 2022 yakni mencapai Rp6,17 triliun atau 50.411 unit rumah dengan kualitas pembiayaan yang masih terjaga," tutur Anton.

Baca juga: Siap-siap, BSI Bakal Bagikan Dividen Rp 757 Miliar

Untuk mencapai target 60.000 nasabah dengan volume pembiayaan Rp 6,5 triliun di tahun ini, Anton bilang, ekspansi pembiayaan BSI KPR Sejahtera FLPP terus digenjot melalui optimalisasi pengembang atau developer serta memperluas jaringan nasabah baru yang memiliki potensi pembiayaan rumah pertama melalui KPR Sejahtera FLPP.

Sementara itu, Deputi Komisioner BP Tapera Ariev Baginda Siregar menyebutkan, pihaknya mendapatkan mandat untuk menyalurkan KPR Sejahtera FLPP sebesar Rp 23 triliun atau setara 200.000 unit rumah untuk tahun 2022.

"Kerja sama dan sinergi yang kuat dengan seluruh stakeholder, termasuk BSI tentunya diharapkan mendukung tercapainya target penyaluran FLPP tersebut,” ucap dia.

Baca juga: BSI Akan Rights Issue Senilai Rp 5 Triliun pada Kuartal III-2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com