Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carsome Luncurkan Lembaga Pelatihan Carsome Academy dan Beri Beasiswa, Seperti Apa?

Kompas.com - 26/06/2022, 16:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Carsome secara resmi membuka lembaga pelatihan bersertifikat dan berorientasi industri di Indonesia, Carsome Academy. Platihan Carsome Academy juga memberikan jaminan kerja bagi pemegang sertifikat, di seluruh operasi Carsome di Indonesia.

Adapun kurikulum pelatihan ini menggabungkan pelatihan pendidikan serta keterampilan teknis dengan menerapkan rasio 70:30 dari pelatihan industri dan praktik teori secara hybrid.

Kepala Seksi Perizinan Lembaga, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Moh. Saeful Hasan mengatakan, pelatihan ini diharapkan menjadi solusi dalam menjawab isu ketenagakerjaan, mengingat tingginya kemampuan daya serap lapangan kerja sektor otomotif di Indonesia.

“Pemberian program upskilling dan reskilling bagi generasi muda calon tenaga kerja, khususnya tingkat umum atau vokasi, merupakan salah satu strategi utama untuk memberdayakan mereka guna menyukseskan implementasi industri 4.0,” kata Saeful dalam siaran pers Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Perkuat Pasar Jabodetabek, Carsome Experience Center Kini Hadir di Depok

Saeful mengatakan, dalam dua tahun terakhir sektor ketenagakerjaan terdampak oleh pandemi Covid-19. Hal ini juga mempengaruhi capaian sasaran nasional, termasuk untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja.

“Oleh karena itu, kami menyambut baik hadirnya Carsome Academy yang telah mendukung agenda nasional dalam menyiapkan tenaga siap kerja melalui Diklat Kejuruan Teknis (TVET), khususnya di bidang inspeksi kendaraan,” jelas Saeful.

Baca juga: Kebutuhan Kendaraan Kembali Meningkat, Bank Jago Kucurkan Pembiayaan ke Carsome

Sementara itu, Co-Founder Carsome dan CEO Carsome Academy, Jiun Ee Teoh, mengatakan, sebagai platform e-commerce mobil bekas, Carsome, berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri mobil bekas di Indonesia. Sehingga sangat penting untuk meningkatkan kompetensi SDM-nya.

“Komitmen ini kami wujudkan melalui Carsome Academy, dengan menciptakan tenaga kerja tersertifikasi serta terampil didukung tenaga ahli dengan pengalaman di tingkat regional dan global yang kami miliki,” ujar Jiun.

Baca juga: Survei Carsome: Konsumen Indonesia Mau Beli Mobil pada Kuartal II/2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com