Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Produk UMKM Indonesia Sukses Jadi Sorotan Warga Paris Usai Diboyong Shopee ke Le BHV Marais

Kompas.com - 27/06/2022, 22:09 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pameran kebudayaan dan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) asal Indonesia dalam event Shopee Java in Paris, sukses mendulang antusiasme warga dan turis di Paris, Prancis.

Sejak acara pembukaannya pada Rabu (8/6/2022), ribuan orang telah mengunjungi Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Prancis, untuk melihat pameran produk UMKM lokal dan mengikuti sejumlah workshop yang diselenggarakan.

Batik menjadi salah satu produk Tanah Air yang menyita perhatian serta antusiasme para pengunjung dan awak media di Paris. Antusiasme ini telah nampak saat perhelatan fashion show yang membawa rancangan-rancangan batik terbaik dari tiga desainer ternama Indonesia, yakni Samudra Hartanto, Denny Wirawan, dan Ansoe.

Selain produk yang tampil saat gelaran fashion show, produk batik dari UMKM lokal yang dipajang di department store jaringan Galeries Lafayette tersebut juga mendapatkan tempat di hati para pengunjung.

Baca juga: Kemeriahan Shopee Java in Paris Berlanjut, Lokakarya Membatik Disambut Antusiasme Warga Paris

Direktur Marketing Le BHV Marais, Valerie Chaleyssin, mengatakan bahwa gelaran Java in Paris berhasil mendulang sukses, sejak dua pekan bergulir.

“Program dari Indonesia bertajuk Java in Paris ini berjalan dengan sangat baik. Kami mendapatkan banyak sekali pengunjung dan jumlah penjualan juga meningkat. Produk fashion Indonesia menjadi produk yang paling diminati oleh pengunjung,” ujar Valerie pada Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Ia mengatakan, sejumlah produk fashion lokal terutama batik, memang menjadi produk utama yang dipajang di etalase Le BHV Marais.

Beberapa brand batik UMKM lokal yang berpartisipasi, yakni Danar Hadi, Shiroshima, dan Batik Keris, mendapat lonjakan penjualan saat pameran berlangsung.

Selain batik, produk fashion UMKM lokal lainnya seperti tas anyaman juga menjadi barang favorit yang dibeli oleh para pengunjung.

Baca juga: Java In Paris, Ratusan Produk UMKM Solo Tembus Pasar Eropa

Valerie juga menambahkan beragam pertunjukan kebudayaan Indonesia melalui workshop di Java in Paris juga berjalan dengan sukses. Bahkan, pertunjukan tersebut menyita perhatian media lokal di Prancis.

“Semarak kebudayaan Indonesia yang ditampilkan melalui beberapa workshop juga berjalan dengan sukses dan mengundang decak kagum banyak orang. Kami juga mendapatkan pemberitaan yang baik terutama saat acara pembukaan,” jelas Valerie.

Produk UMKM lokal tanah air yang dipajang di etalase Department Store Le BHV Marais menyita perhatian para pengunjung Le BHV Marais.Dok Istimewa Produk UMKM lokal tanah air yang dipajang di etalase Department Store Le BHV Marais menyita perhatian para pengunjung Le BHV Marais.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang membuka perhelatan Java in Paris mengatakan bahwa event tersebut menjadi pencapaian baru bagi budaya dan produk UMKM lokal agar bisa dikenal di pasar Eropa.

“Melalui produk-produk UMKM tersebut, kita juga bisa memperkenalkan cerita dan nilai budaya, meskipun ini hanya sebagian kecil dari kekayaan budaya Indonesia yang begitu luar biasa,” jelas Gibran.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa acara yang diinisiasi oleh Shopee dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, dan Le BHV Marais itu menjadi pembuka jalan bagi UMKM lainnya yang juga membidik pasar luar negeri.

Baca juga: Shopee Luncurkan Program Java in Paris, Ratusan Jenis Produk UMKM Akan Melantai di Paris

“Karena jalannya sudah terbuka, tinggal bagaimana nanti dari Pemkot Solo dan Shopee bisa mengakomodasi dan mendampingi dari packaging, branding, dan lain-lain, biar teman-teman UMKM bisa naik kelas. UMKM lokal yang sudah masuk BHV ini bisa jadi contoh,” sambungnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com