Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Layanan Payments, Modalku Akuisisi CardUp

Kompas.com - 30/06/2022, 18:12 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Modalku mengumumkan akuisisi terhadap CardUp, solusi layanan pembayaran (payments) di Asia Tenggara. Namun, nilai pembelian dari akuisisi ini tidak diungkapkan lebih detail.

Dengan akuisisi ini, Grup Modalku akan memperoleh kapabilitas pembayaran CardUp, di antaranya pembayaran lewat kartu kepada pengguna yang tidak menerima pembayaran kartu (domestik dan internasional), penerimaan pembayaran online, sarana otomatisasi invoice, serta lisensi dan integrasi dengan business software dari pihak ketiga.

Co-Founder Funding Societies dan CEO Modalku Indonesia Reynold Wijaya mengatakan, layanan payments CardUp akan melengkapi produk-produk pinjaman yang ditawarkan Grup Modalku.

Baca juga: Modalku: Waspada Penipuan Pinjaman Online, Kami Tidak Pernah Minta Deposit

CardUp akan menghasilkan rangkaian layanan keuangan yang lebih terintegrasi bagi UMKM di Asia Tenggara, sehingga UMKM dapat mengelola dan membayar pengeluaran, menerima pembayaran, serta meminjam dana melalui satu platform digital.

Melalui CardUp, individu dan badan usaha dapat membayar pemasok dan menerima pembayaran dari pelanggan secara digital.

"Dengan akuisisi ini, kami dapat mempercepat kepemimpinan perusahaan di pasar fintech regional dengan menggabungkan kapabilitas layanan pembayaran, meningkatkan user experience, dan menambah lisensi lokal ke layanan digital lending Grup Modalku di pasar-pasar utama kami," terang dia dalam keterangan resmi, Kamis (30/6/2022).

Ia menambahkan, akuisisi ini dilaksanakan pada saat yang tepat. Segmen UMKM diproyeksikan akan menggerakkan pasar keuangan digital ASEAN menjadi sebesar 60 miliar dollar AS pada tahun 2025

Sedangkan, sektor pembayaran usaha (business payments) regional diproyeksikan tumbuh dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 10 persen selama 5 tahun ke depan.

Grup Modalku dan CardUp akan memanfaatkan sinergi antar perusahaan, yaitu melalui sumber daya manusia yang komplementer, inovasi teknologi, serta kemitraan perbankan dan teknologi untuk terus memberdayakan UMKM di Asia Tenggara.

Sebagai informasi, pada bulan Februari 2022, Grup Modalku memperoleh Pendanaan Seri C+ senilai 294 juta dollar AS. Adapun sebesar 144 juta dollar AS berasal dari pendanaan ekuitas.

Belakangan ini, Grup Modalku juga berinvestasi terhadap Bank Index di Indonesia.

Baca juga: Soal Akuisisi Perum PFN, Telkom Masih Butuh Waktu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com