Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Produk Dalam Negeri dan UMKM, Semen Indonesia Gandeng Yayasan Dharma Bhakti Astra

Kompas.com - 07/07/2022, 19:19 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menjalin kerja sama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) mengenai pembinaan dan fasilitasi pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kerja sama tersebut meliputi pemberian pelatihan dan pendampingan kepada UMKM binaan YDBA, supaya mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan standar Quality, Cost, Delivery (QCD) serta memberikan kesempatan UMKM menjadi rantai pasok. Di mana SIG akan membeli produk UMKM binaan YDBA berupa suku cadang, guna mendukung kebutuhan operasional perusahaan.

Agenda ini sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi, dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang atau jasa pemerintah.

Baca juga: Bos Semen Indonesia Sebut 48 Persen Karyawannya Generasi Milenial

Harapannya dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang semakin tinggi, keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga lembaga negara, mulai dari level daerah hingga pusat, dapat menjadi pasar yang kondusif dan ramah bagi produk-produk berkualitas hasil produksi UMKM dalam negeri.

Direktur Utama SIG Donny Arsal mengatakan, SIG sebagai BUMN akan selalu mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah, terutama dalam mewujudkan kontribusi BUMN untuk Indonesia. Salah satunya yaitu gerakan nasional bangga buatan Indonesia, yang diwujudkan melalui program percepatan P3DN.

"Kolaborasi dengan YDBA kali ini merupakan salah satu bukti, keseriusan SIG dalam melaksanaan inisiatif strategis terkait keberpihakan terhadap UMKM dan TKDN untuk substitusi kebutuhan impor, khususnya rantai pasok suku cadang,” ujar Donny, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Semen Indonesia Raup Laba Rp 498,56 Miliar pada Kuartal I 2022

Donny menjelaskan, YDBA sebagai salah satu Yayasan Astra yang fokus membina UMKM sejak 1980 akan menjembatani SIG untuk dapat menjadi ‘ayah angkat’ bagi para pelaku UMKM yang telah terverifikasi kualitas produk dan kredibilitas kinerjanya.

Nantinya UMKM-UMKM binaan akan dapat memproduksi, sekaligus memasok produknya sesuai dengan kebutuhan operasional SIG.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com