Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Solar dan Pertalite Pakai MyPertamina Ribet? Ingat, Bisa Daftar Tanpa Ponsel

Kompas.com - 08/07/2022, 05:30 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kritik dilontarkan pada kebijakan membeli BBM subsidi Solar dan Pertalite harus daftar ke MyPertamina. Kebijakan ini dinilai tidak praktis dan merepotkan. Sebab, tidak semua masyarakat Indonesia memiliki ponsel yang mampu mengakses aplikasi MyPertamina.

Seperti diketahui, PT Pertamina (Persero) telah membuka pendaftaran kendaraan dan identitas per 1 Juli 2022 melalui aplikasi MyPertamina. Selain itu bagi yang tak punya HP, bisa mendaftar melalui website MyPertamina dan SPBU yang membuka pendaftaran offline. 

Baca juga: Lokasi Daftar MyPertamina Offline untuk Beli Pertalite Tanpa HP

Hal lain yang perlu diingat, kebijakan pembelian BBM bersubsidi dengan MyPertamina baru berlaku untuk kendaraan mobil, baik mobil pribadi maupun angkutan umum. Jadi, belum berlaku untuk motor di SPBU. 

Jadi sebenarnya, ribetkan pembelian Pertalite dan Solar dengan MyPertamina? 

Tak punya ponsel? Ada website

Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan, meski pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina, namun pihaknya mendorong masyarakat untuk mendaftar melalui situs subsiditepat.mypertamina.id.

Alasannya, karena dalam situs MyPertamina cakupan lebih luas dan lengkap ketimbang aplikasinya, sehingga akses situs MyPertamina memang lebih bisa dijangkau oleh masyarakat luas, termasuk bagi masyarakat yang ponselnya tidak bisa mengakses aplikasi MyPertamina.

"Saat ini kami mendorong register end user Pertalite dan Solar di webnya MyPertamina. Karena sifatnya lebih mudah diakses, mobile apps juga mudah, tetapi memang ada beberapa kami melihat sebaran race-nya web ini lebih luas, jangkauan end user-nya," jelas Mars dalam webinar virtual, dikutip pada Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Tidak Punya Aplikasi MyPertamina, Masyarakat Harus Daftar via Website untuk Beli Pertalite dan Solar

Setelah daftar, dapat QR Code untuk pembelian di SPBU

Adapun teknis pendaftarannya yakni masyarakat dapat mengakses website subsiditepat.mypertamina.id dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan antara lain KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung. Jika seluruh syarat telah dipenuhi, masyarakat untuk melakukan konfirmasi ‘daftar sekarang’.

Data yang sudah didaftarkan akan diverifikasi atau dicocokkan dengan kesesuaian persyaratan. Jika semua terpenuhi maksimal 7 hari kerja, maka pengguna tersebut akan dinyatakan terdaftar dan menerima QR Code melalui email, atau melalui notifikasi di website.

Dari pendaftaran, maka pengguna akan mendapatkan QR Code yang dapat digunakan untuk pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina.

Baca juga: Ini Alasan Pertamina Dorong Masyarakat Daftar lewat Situs Web MyPertamina ketimbang ke Aplikasi

Tak punya ponsel? QR Code bisa di-print, dibawa ke SPBU saat melakukan pembelian

Nah, untuk kemudahan bagi masyarakat yang tidak memiliki ponsel memadai, juga untuk mengantisipasi kendala di lapangan, QR Code yang diterima juga bisa dicetak (print out) dan dibawa fisiknya ke SPBU ketika ingin melakukan pengisian Pertalite dan Solar.

QR Code tersebut kemudian akan dicocokkan datanya oleh operator SPBU. Jadi QR Code tersebut tidak terbatas hanya bisa diakses dengan aplikasi MyPertamina.

Perlu diketahui juga nantinya QR Code yang digunakan untuk bertransaksi akan menjadi identitas pada kendaraan, bukan pada pemilik kendaraan. Maka, pengendara mobil bisa mendaftarkan lebih dari satu kendaraan pada satu akun.

Baca juga: Alasan Pertamina Pilih 11 Wilayah Wajib Daftar MyPertamina buat Beli Pertalite dan Solar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com