Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lanjutkan Tren Penguatan, Harga Bitcoin Dekati Rp 330 Juta per Keping

Kompas.com - 08/07/2022, 10:43 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto tampak masih melanjutkan tren penguatan pada sesi perdagangan pagi hari ini, Jumat (8/7/2022). Melansir Coinmarketcap, sebagian besar dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona hijau dalam kurun waktu 24 jam terakhir.

Berdasarkan data pukul 10.00 WIB, kripti dengan kapitalisasi pasar terbesar Bitcoin atau BTC melesat 7 persen ke level Rp 329,8 juta. Jika dibandingkan posisi 7 hari terakhir, Bitcoin juga telah melesat 7,8 persen.

Kripto dengan kapitalisasi jumbo lainnya, Ethereum ata ETH, juga tercatat mengalami penguatan signifikan, yakni sebesar 6,18 persen menjadi Rp 18,7 juta. Kemudian, kripto jenis BNB harganya meningkat 1,98 persen menjadi Rp 3,64 juta.

Baca juga: Lima Tips Cuan Trading Kripto Saat Kondisi Pasar Cenderung Turun

Selanjutnya, XRP melesat 7,03 persen menjadi Rp 5.306 per keping. Adapun kripto Cardano atau ADA menguat 3,84 persen menjadi Rp 7.237.

Lalu, kripto jenis Solana atau SOL menguat 3,2 persen menjadi Rp 576.125,14 per keping. Terakhir, kripto yang semula dibuat sebagai guyonan, Dogecoin atau DOGE menguat 3,92 persen menjadi Rp 1.076,4 per keping.

Baca juga: Bitcoin hingga Doge Menguat, Simak Harga Kripto Hari Ini

Sementara itu, tiga jenis kripto yang kerap disebut sebagai "stable coin" terpantau mengalami koreksi tipis pagi hari ini. Tercatat kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ketiga, Tether atau USDT melemah 0,77 persen menjadi Rp 14.978 per keping.

Kemudian, USD Coin atau USDC melemah 0,81 persen menjadi Rp 14.988,7 per keping. Dan terakhir Binance USD atau BUSD melemah 0,79 persen menjadi Rp 15.005,9 per keping.

Asal tahu saja, selama beberapa pekan terakhir pasar kripto mengalami koreksi signifikan. Ini tidak terlepas dari berbagai sentimen negatif perekonomian global.

Baca juga: Pasar Kripto Dalam Tren Bearish, Tokocrypto Gratiskan Biaya Trading dan Beli Bitcoin

Kondisi perekonomian global yang semakin tidak menentu, imbas dari tidak berkesudahannya perang Rusia dan Ukraina hinnga normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat yang agresif membuat investor pasar kripto khawatir.

Namun demikian, dalam kurun waktu beberapa hari terakhir pasar kripto tampak bergerak cenderung di zona hijau. Bahkan, Setelah sempat terseok-seok di level Rp 280 juta hingga Rp 290 juta pada akhir pekan kemarin, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin, pada pekan ini kembali ke level Rp 300 juta.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual aset kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual aset kripto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com