Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Keyakinan Konsumen Turun, BI Yakin Optimisme Tetap Kuat

Kompas.com - 08/07/2022, 20:32 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) ada diangka 128,2 pada Juni 2022, atau turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 128,9.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, meski turun namun IKK ini tetap berada pada level optimis karena masih di atas level 100.

Menurutnya keyakinan konsumen yang tetap terjaga tersebut ditopang oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terutama terhadap penghasilan dan lapangan kerja.

Baca juga: Luhut Minta 14 Perwira Muda TNI Diperbantukan dalam Pelaksanaan G20

"Survei Konsumen Juni 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (8/7/2022).

Dia menambahkan rata-rata IKK selama kuartal II-2022 meningkat dibandingkan kuartal  sebelumnya. Rata-rata IKK kuartal II-2022 tercatat sebesar 123,4, lebih tinggi dari 114,6 pada kuartal I-2022.

Dia menjelaskan, peningkatan tersebut didorong oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik terhadap aspek penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun ketepatan waktu dalam membeli barang tahan lama.

"Sejalan dengan meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga mengalami peningkatan pada semua aspek, yaitu ketersediaan lapangan kerja, kegiatan usaha, dan penghasilan," ucap Erwin.

Baca juga: Ini Langkah BI untuk Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com