Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Granostic Gelontorkan Rp 260 Miliar untuk Buka Empat Laboratorium Baru

Kompas.com - 08/07/2022, 21:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan laboratorium klinik, PT Persada Medika Utama atau biasa dikenal dengan Granostic Diagnostic Centre berencana membuka empat laboratorium baru di empat kota dengan investasi mencapai Rp 260 mililar.

Komisaris PT Persada Medika Utama Hananiel Prakasya Widjaya mengatakan, empat laboratorium baru yang akan dibangun di Bali, Sulawesi, Kalimantan yang tingkat akses kesehatan masyarakat relatif masih belum sebaik di Pulau Jawa.

“Nanti kita akan gabungkan layanan off line dan online di laboratorium baru kami, seperti telekonsultasi. Mengenai nilainya, satu laboratorium membutuhkan investasi sebesar Rp 65 miliar,” kata di dalam siaran pers dikutip Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Pelaku Industri Sambut Baik Rencana Zulhas Perkuat Regulasi Kripto

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan kesepakatan pembelian saham terbatas atas Granostic oleh PT Bakti Energi Abadi (BENA).

Lewat kesepakatan pembelian saham ini, nantinya BENA akan menjadi pemilik 20 persen saham dari Granostic.

Direktur Utama PT Persada Medika Utama Agus Chairul Anab mengatakan, kesepakatan pembelian saham ini dijalin atas kesamaan visi untuk memberikan layanan kesehatan yang efisien dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air.

"Keunggulan BENA dalam hal akses terhadap teknologi dan produk-produk kesehatan mutakhir akan memberikan tambahan kekuatan bagi pengembangan Granostic Centre di masa mendatang,” kata dia.

Baca juga: Charoen Pokphand Dapat Kredit Sindikasi Bergulir Senilai Rp 8,99 Triliun

Penandatangan kesepakatan juga dilakukan antara Granostic dan GC Labs, perusahaan penyedia layanan laboratorium dari Korea Selatan.

Agus menjelaskan melalui kerja sama ini, Granostic Diagnostic Centre akan memperluas cakupan pemeriksaan laboratorium yang ada saat ini dengan kualitas dan reputasi berskala internasional.

Manager GC LABS Korea Selatan Saeyoon Kwon menuturkan, GC Labs akan memberikan bantuan pelatihan yang akan mampu mendukung kinerja dari Granostic, termasuk dari sisi kecepatan pemberian hasil analisis laboratorium kepada pasien.

Baca juga: Ini Langkah BI untuk Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com