Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Wismatata Eltrajaya Ungkap Pentingnya Pemeliharaan dan Perbaikan Trafo Listrik

Kompas.com - 12/07/2022, 22:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Wismatata Eltrajaya (WEJ), perusahaan di bawah naungan Wisma Group yang bergerak di bidang pemeliharaan dan perbaikan trafo listrik (power transformer), menyelenggarakan Seminar Teknik dan Mini Exhibition tentang Transformator bertajuk “Berbagi untuk Maju Bersama” di Ballroom Holiday Inn, Cikarang, Bekasi, Selasa (12/7/2022).

Chief Executive Officer (CEO) Wisma Group Tjahjadi Aquasa mengatakan, seminar teknik tentang trafo ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang transformator bagi para insan trafo (Pahlawan Trafo) yang selama ini telah mendedikasikan dirinya dalam pengembangan trafo.

Para Pahlawan Trafo ini mencakup individu, akademisi, produsen, vendor, penyedia jasa pemeliharaan dan perbaikan trafo, pengguna trafo baik perusahaan swasta maupun PT PLN (Persero) serta pemangku kepentingan lain.

Baca juga: Luhut Usulkan Kendaraan Listrik Beroperasi di Lokasi Destinasi Wisata

“Seminar ini mengupas berbagai hal tentang trafo mulai dari jenis dan kualitas, teknik pemeliharaan dan perbaikan trafo, peralatan uji trafo, pengujian (testing) pelumas trafo, hingga material trafo (transformer)," ujar dia dalam siaran pers, Selasa (12/7/2022).

"Kami berharap seminar ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi para Pendekar Trafo sehingga semuanya bisa maju bersama. Peserta juga bisa melihat langsung berbagai hal terkait trafo di booth mini exhibition,” imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto mengungkapkan, transformator (transformer) menjadi bagian penting dalam sistem ketenagalistrikan, yaitu sistem distribusi tenaga listrik dari hulu (pembangkitan) sampai hilir (pengguna) baik rumah tangga, gedung perkantoran, pabrik, dan pengguna lainnya.

Ia menjelaskan, dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, pertumbuhan listrik diproyeksikan 4,9 persen dengan penambahan kapasitas pembangkit 40.575 megawatt (MW), transmisi 47.723 kms, dan Gardu Induk 76.662 MVA.

Baca juga: Blue Bird Ungkap Kendala Penambahan Armada Taksi Listrik

Total rencana pembangunan Gardu Induk periode 2021-2030 sebesar 76.662 MVA. Sedangkan, total rencana pembangunan gardu distribusi sebesar 31.095 MVA.

CEO Wisma Group sekaligus Ketua Umum Himpunan Kontraktor Ketenagalistrikan dan Mekanikal Indonesia (HIKKMI) Tjahjadi Aquasa menambahkan, para pelaku usaha di bidang transformator siap mendukung PLN dalam memperkuat keandalan sistem ketenagalistrikan di Tanah Air.

Tjahjadi menjelaskan, trafo merupakan bagian vital dalam ketenagalistrikan.

“Trafo ini ibarat jantung dalam tubuh manusia. Kemudian pelumas [oli] seperti darahnya. Jika trafo tidak dipelihara dengan baik, kemudian terjadi kerusakan, maka sistem ketenagalistrikan akan terganggu," ungkap dia.

"Kemudian untuk mengecek kondisi trafo dapat dilakukan melalui testing pelumasnya, sehingga dapat diketahui kondisi trafo tersebut, seperti halnya darah pada tubuh manusia,” tutupnnya.

Baca juga: Cara Dapat Kompensasi Mati Listrik hingga Rp 300.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com