Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INSA Kaji Usulan Kenaikan Tarif CHC di Pelabuhan Tanjung Priok

Kompas.com - 13/07/2022, 08:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan pihaknya bersama stakeholder kepelabuhanan lainnya melakukan kajian terkait usulan penyesuaian tarif container handling charge (CHC) muatan ekspor impor dan domestik di Pelabuhan Tanjung Priok.

Hal ini dilakukan untuk merespons usulan PT Pelindo selaku operator Pelabuhan Tanjung Priok yang menyampaikan usulan penyesuaian tarif sejak Juni 2022.

Seperti diketahui, penyesuaian tarif harus disepakati oleh asosiasi pelaku usaha kapal dan barang, dalam hal ini INSA, Pelra (pelayaran rakyat), Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI), Asosiasi Logistik dan Asosiasi Logistik dan Fowarder Indonesia (ALFI), Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (Ginsi) dan asosiasi eksportir.

"Mengingat bahwa tarif yang lama sudah berlaku selama enam tahun, maka INSA dapat memahami usulan penyesuaian tersebut, namun besaran tarif haruslah dipelajari terlebih dahulu sebelum disepakati,” kata Carmelita dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Harga Minyak Dunia Jatuh Lebih dari 7 Persen, Ini Penyebabnya

Carmelita menjelaskan penyesuaian tarif CHC ekspor impor dan domestik di Pelabuhan Tanjung Priok meliputi tarif alat stevedoring, haulage, lolo, storage tidak termasuk alat dan storage termasuk alat.

Ia melanjutkan, usulan penyesuaian tarif tersebut sudah melalui kajian yang dilakukan PT Pelindo terkait dengan kebutuhan dan biaya perawatan, investasi peralatan dan inflasi yang terjadi dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

Namun demikian, kata dia, pihaknya harus melakukan kajian mendalam terkait usulan penyesuaian CHC demi menjaga keseimbangan dan harmonisasi serta menjaga biaya logistik dalam tatanan yang efisien dan wajar.

"Para stakeholder kepelabuhanan juga telah mengadakan diskusi untuk mencapai kesepakatan usulan penyesuain tarif CHC di Pelabuhan Priok itu dalam dalam beberapa pekan terakhir ini," ujarnya.

Baca juga: Update Syarat Naik Pesawat Citilink 2022 untuk Penerbangan Domestik

Lebih lanjut, Carmelita mengatakan pihaknya juga melibatkan pelaku usaha pelayaran dalam melakukan kajian penyesuaian tarif CHC tersebut.

Menurut dia, apabila seluruh pihak telah mencapai kesepakatan, usulan tersebut akan diajukan kepada pemerintah.

"Kesepakatan untuk muatan dalam negeri telah dicapai pada akhir pekan lalu, sedangkan untuk angkutan ekspor dan impor, kami masih terus melakukan diskusi dan kajian," ucap dia.

Baca juga: Investor Masih Wait and See, IHSG Diproyeksi Kembali Terkoreksi Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com