Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Sebut Tidak Ada Kelangkaan Kapal untuk Ekspor CPO

Kompas.com - 13/07/2022, 13:05 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan tidak ada kelangkaan kapal untuk mengangkut ekspor kelapa sawit atau crude palm oil (CPO). Hal ini agar proses ekspor CPO berjalan lancar.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Veri Anggrijono mengatakan, pihaknya telah mengadakan beberapa kali rapat setelah mendengar informasi mengenai kemungkinan kelangkaan kapal angkut ekspor CPO.

Veri memastikan saat ini tidak ada kelangkaan kapal untuk mengangkut ekspor CPO.

"Dengan adanya informasi mengenai kelangkaan kapal, Kami sudah mengadakan rapat beberapa kali dengan pelaku usaha perkapalan, asosiasi kapal, sepanjang ini menurut informasi dari mereka tidak ada masalah," ujar Veri kepada Kontan.co.id, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: UMP DKI 2022 Batal Naik, Buruh Ancam Demo Jika Anies Baswedan Tak Ajukan Banding

Terkait anggapan adanya penurunan kepercayaan dari pasar ekspor CPO menyusul pemerintah yang pernah menghentikan ekspor CPO, Veri menegaskan, hal itu tidak benar. Ia menyebut, pasar internasional memahami kebijakan pemerintah melarang sementara ekspor CPO untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Apalagi Indonesia merupakan eksportir CPO terbesar di dunia dan CPO merupakan komoditas global.

"Kita kan eksportir terbesar, produsen kelapa sawit terbesar, tidak mungkin tidak dipercaya," terang Veri.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi mengatakan, pemerintah telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan kapal untuk mengangkut ekspor CPO.

Jodi menyebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah meminta pelaku usaha perkapalan Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) untuk menyediakan kapal bagi pelaku usaha eksportir CPO.

Baca juga: Tak Bisa Akses MyPertamina, Masyarakat Disarankan Datang ke SPBU untuk Pendataan Kendaraan

"Kami beberapa minggu lalu sudah mengantisipasi terkait hal ini. Pak Menko juga sudah meminta kesediaan INSA untuk dapat membantu dan menyediakan kapal bagi para pelaku usaha CPO supaya kegiatan ekspor berjalan dengan lancar," jelas Jodi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Eddy Martono, mengungkapkan kesulitan menemukan kapal pengangkut CPO karena kapal yang biasa di sewa beralih mengangkut crude oil dari Rusia. Kata dia hal ini juga menjadikan sewa kapal CPO menjadi mahal.

“Sekarang freight ke Rotterdam sudah naik dari 75 dollar AS per metrik ton (MT) menjadi 150 dollar AS per MT. Otomatis beban semakin bertambah,” tutur Eddy pada Kontan.co.id, Selasa (12/7/2022). (Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari)

Baca juga: Sebagai Raksasa Otomotif, Kenapa VW Malah Produksi dan Jualan Sosis?

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pemerintah Tegaskan Tidak Ada Kelangkaan Kapal Pengangkut Ekspor CPO

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com