Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Transformasi Digital Perusahaan Tingkatkan Permintaan Solusi "Cloud", Ini Strategi Oracle

Kompas.com - 13/07/2022, 20:25 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan terhadap solusi komputasi awan (cloud) yang komprehensif untuk mendukung perjalanan transformasi digital perusahaan terus meningkat saat ini.

Menurut Rusly Askar, Senior Director Cloud Platform Group, Oracle Indonesia, peningkatan permintaan tersebut dibarengi permintaan keamanan data lokal, peraturan, dan residensi data.

Untuk itu, Oracle sudah mempersiapkan produk andalannya untuk mendukung perusahaan di Indonesia melakukan transformasi digital.

"Layanan Distributed Cloud kami memberikan pilihan kepada pelanggan untuk memiliki layanan cloud berfitur lengkap yang dapat dengan mudah diimplementasikan di lokasi pelanggan atau di public cloud, ataupun kombinasi keduanya. Dengan pengalaman yang sama di semua pilihan, merupakan komitmen kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan melayani di mana pun mereka berada,” kata Rusly melalui keterangannya, Rabu (13/7/2022).

Layanan distributed cloud Oracle yakni lower entry point untuk Oracle Cloud Infrastructure (OCI) Dedicated Regions dan layanan Compute Cloud@Customer.

Baca juga: Dorong Transformasi Digital Pelaku Bisnis, Satuan Tugas Digitalisasi B20 Keluarkan 4 Rekomendasi Strategi

Layanan baru ini menghadirkan lebih dari 100 layanan public cloud OCI ke pusat data pelanggan. Layanan baru ini juga akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan latensi, residensi data dan memenuhi persyaratan untuk kewenangan dan keamanan data yang ketat, yang saat ini merupakan kunci dari banyak upaya modernisasi teknologi informasi (TI).

“Distributed Cloud adalah evolusi terbaru dari cloud yang memberikan fleksibilitas dan kontrol kepada pelanggan dalam cara mereka menjalankan sumber daya cloud,” kata Dave McCarthy, Vice President, Cloud and Edge Infrastructure Services, IDC.

“Pelanggan tidak lagi dibatasi oleh pilihan lokasi, data, residensi data, atau latensi. Layanan distributed cloud OCI menawarkan lebih banyak keunggulan dan menempatkan semua manfaat public cloud langsung di dalam pusat data pelanggan dan tetap dapat dikelola dari jarak jauh oleh OCI,” lanjutnya.

Baca juga: Menkominfo: Transformasi Digital Bermanfaat untuk Semua...

Sebagai informasi, OCI Dedicated Region yang baru membutuhkan ruang pusat data dan daya rata-rata 60-75 persen lebih sedikit, dengan harga awal yang jauh lebih kompetitif. Pelanggan sekarang dapat memperoleh fleksibilitas, manfaat dari sisi ekonomi, dan skala yang dibutuhkan dari public cloud di pusat data mereka sendiri.

Sedangkan OCI Compute Cloud@Customer adalah solusi rack-scale yang dimaksudkan untuk lingkungan yang lebih kecil daripada OCI Dedicated Region.

Compute Cloud@Customer akan memungkinkan organisasi untuk menjalankan aplikasi pada komputasi, penyimpanan, dan jaringan yang kompatibel dengan OCI di pusat data mereka, yang dikelola sepenuhnya sebagai layanan dari OCI Region dan menggunakan model konsumsi hemat biaya dari OCI untuk merampingkan proses operasi dan mengurangi biaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com