Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Erick Thohir, Bikin Sarinah Mini di Seluruh Bandara di Indonesia

Kompas.com - 15/07/2022, 07:18 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan rencananya untuk membangun Sarinah mini di seluruh bandara di Indonesia. Hal ini disampaikan Erick dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian Sariah, di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

"Ini sebagian kecil dari 500 UMKM yang sudah bergabung di Sarinah, kita tak berpuas diri dan terus dorong Sarinah-Sarinah mini di bandara sebagai jendela produk lokal kita," ungkap Erick.

Erick mengatakan kehadiran Sarinah mini di bandara merupakan wujud komitmen BUMN untuk lebih banyak memfasilitasi para pelaku UMKM tampil dalam usahanya untuk naik kelas.

Dengan kurasi yang ketat, Erick ingin memberi bukti bahwa produk lokal mempunyai kualitas yang mampu bersaing di pasar domestik maupun internasional.

Baca juga: Erick Thohir: Sarinah Dikunjungi 5 Juta Orang sejak Dibuka Kembali

Erick mengatakan, persemian Sarinah merupakan tonggak sejarah. Sejak soft launch pada Maret lalu, antusiasme masyarakat sangat luar biasa, dengan total kunjungan 5 juta pengunjung.

“Kami menerima laporan rata-rata Sarinah dikunjungi 40.000 orang setiap hari dan bahkan pada akhir pekan bisa lebih," kata Erick.

Baca juga: Kala Erick Thohir Mendampingi Megawati Keliling Sarinah...

Erick menyampaikan antusiasme masyarakat terhadap wajah baru Sarinah tak tidak terlepas dari strategi Sarinah yang menyediakan ruang terbuka, seperti Anjungan Sarinah yang menyuguhkan pagelaran seni musik atau performing arts dan distrik seni yang menyediakan satu lantai untuk pagelaran dan karya seni kreasi komunitas berbakat dan kurator unggul Indonesia

"Alhamdulillah Sarinah kini menjadi trendi dan digemari kaum muda dan generasi masa depan dan mulai mendapat kunjungan wisatawan asing," sambung Erick.

Baca juga: UMKM, Mari Bergabung Menjajakan Produk di Sarinah

Erick menilai esensi dari transformasi Sarinah lambat laun mulai nampak yaitu dari sekedar department store menjadi Community Mall yang menyuburkan kreasi komunitas dan memanen hasil maksimal dari inovasi mereka. Sarinah kini menjadi ruang-ruang belanja, karya, sosial, budaya, maya dan gaya.

"Tujuan penggabungan ini untuk melakukan sebuah lompatan momentum penataan, momentum transformasi, membangun ekosistem lebih kuat dan tangguh, sehingga pengelolaan pariwisata Indonesia akan dapat dilakukan secara lebih efisien dan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir," sambung Erick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com