Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

276 Juta Penduduk Dunia "Dihantui" Krisis Pangan, Sri Mulyani: Ini Benar-benar Masalah yang Mengancam...

Kompas.com - 15/07/2022, 11:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, jumlah penduduk yang terancam mengalami krisis pangan meningkat mencapai 276 juta orang. Peningkatan ini dampak dari pandemi Covid-19, serta perang antara Rusia dan Ukraina.

Hal tersebut diungkapkannya ketika membuka Pertemuan Ketiga Finance Ministers and Central Bank Governor Meeting (FMCBG) G20 Indonesia di Bali, Jumat (15/7/2022).

"Menurut program pangan dunia, jumlah orang yang menghadapi kerawanan pangan akut meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2019, sebelum pandemi, dari 135 juta menjadi 276 juta orang," ungkap Sri Mulyani.

Baca juga: Kata Sri Mulyani, Negara Berkembang Terancam Tak Bisa Bayar Utang

Ia menjelaskan, perang Rusia dan Ukraina telah memperparah dampak pandemi Covid-19 yang telah memukul perekonomian dalam dua tahun terakhir. Kini dunia dihadapkan pada krisis pangan seiring terjadinya lonjakan harga komoditas pangan.

Oleh sebab itu, krisis pangan global tersebut perlu untuk segera ditangani. Perlu adanya kebijakan dari negara-negara di dunia untuk bisa menghindari berlanjutnya kenaikan harga pangan.

"Ini adalah urgensi, krisis pangan harus ditangani. Pengerahan semua mekanisme pembiayaan yang tersedia segera diperlukan untuk menyelamatkan nyawa, serta memperkuat stabilitas keuangan dan sosial," jelasnya.

Baca juga: Sri Mulyani: 276 Juta Orang di Dunia Hadapi Kerawanan Pangan Akut, Imbas Pandemi dan Perang

Krisis energi "hantui" pemulihan ekonomi global

Selain menghadapi tantangan krisis pangan, lanjut Sri Mulyani, saat ini dunia juga dihadapkan pada kondisi krisis energi. Harga komoditas energi yang melonjak membuat kekhawatiran para pemiminpin negara terhadapi stabilitas makroekonomi dan upaya pemulihan pasca pandemi.

Bank Dunia memperkirakan harga minyak mentah telah naik 350 persen sepanjang April 2020 hingga April 2022. Sri Mulyani bilang, peningkatan harga minyak mentah dalam kurun waktu dua tahun itu, merupakan yang terbesar sejak tahun 1970-an.

"Ini benar-benar masalah yang mengancam pemulihan kita. Dunia berada di tengah krisis energi global. Perang serta kenaikan harga komoditas dapat memperburuk lonjakan inflasi global dan meningkatkan ketidakstabilan sosial lebih lanjut," ucap dia.

Baca juga: Investasi Proyek Transisi Energi Mencapai Rp 7.500 Triliun, Sri Mulyani: Butuh Support Global

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com