Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Dorong Digitalisasi Pembayaran bagi Pengusaha Migas

Kompas.com - 15/07/2022, 16:36 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DPD III. Kerja sama tersebut diharapkan dapat mendorong digitalisasi pembayaran bagi pengusaha minyak dan gas (migas) di Wilayah Jabodetabek, Jawa barat dan Banten.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat mendorong penetrasi pembayaran berbasis ekosistem bagi pengusaha migas.

“Saat ini Hiswana Migas DPD III membawahi 14 DPC yang tersebar di seluruh Wilayah Jabodetabek, Jawa barat dan Banten di mana 729 Anggota Hiswana Migas telah bekerja sama dengan BRI dalam hal penggunaan aplikasi ekosistem pembayaran dan pendistribusian gas elpiji 3 kg BRIMOLA,” kata Handayani, Jumat (15/7/2022).

Baca juga: Ramalan Sri Mulyani, Krisis Pangan Dunia Kian Memburuk

Handayani mengatakan produk dan layanan yang dikerjasamakan meliputi IBBIZ, EDC dan QRIS, Kartu Kredit khusus Anggota Hiswana DPD III, Asuransi jiwa PIJAR, dan juga ekosistem pembayaran dan pendistribusian elpiji 3 kg BRIMOLA.

Handayani menyebut kolaborasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Lebih lanjut, terjalinnya kerja sama ini membantu meningkatkan digitalisasi ekosistem minyak dan gas secara end-to-end baik untuk agen elpiji dan juga SPBU.

Handayani mengatakan program yang ditawarkan kepada anggota Hiswana Migas DPD III merupakan bentuk apresiasi kepada nasabah mulai dari agen elpiji 3 kg sampai dengan pengusaha SPBU.

Baca juga: Airport Tax Naik, Harga Tiket Pesawat Bakal Makin Mahal

BRIMOLA tercatat telah memiliki 2.432 agen yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Adapun jumlah transaksi yang dibukukan mencapai 4 juta transaksi dengan sales volume menyentuh Rp 5 triliun pada tahun ini.

“Program ini juga dapat mendukung bisnis usaha pengusaha minyak dan gas seperti program cashback retensi dana, program racing transaksi BRIMOLA, racing sales volume EDC dan QRIS, corporate card, asuransi, dan sebagainya,” ungkap Handayani.

Hingga kuartal II-2022, jumlah mesin EDC Merchant BRI tercatat sebanyak 216.224 EDC dengan sales volume bisnis acquiring BRI mencapai Rp 66,4 triliun yang tumbuh 144 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca juga: Sri Mulyani: 60 Persen Negara Miskin Terancam Bangkrut akibat Lonjakan Utang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com