Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Kembali Layani Penerbangan Internasional Rute Icheon-Bali PP

Kompas.com - 16/07/2022, 11:11 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menerima tambahan rute penerbangan internasional reguler, setelah maskapai Korean Air kembali menghubungkan Incheon menuju Bali pada Juli ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, penerbangan perdana menggunakan nomor KE629 telah mendarat di landasan pacu atau runway Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan mengangkut 265 penumpang pada Kamis (14/7/2022).

Pesawat yang sama melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Bandara Incheon di Korea Selatan pada Jumat dini hari pukul 01.10 WITA. Pesawat dengan nomor penerbangan KE630 tersebut mengangkut 113 penumpang.

Baca juga: Soal Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Menub: Kita Harapkan Selesai Agustus 2022

Berdasarkan jadwal, penerbangan internasional rute ini akan beroperasi setiap hari.

"Manajemen PT Angkasa Pura I menyambut baik beroperasinya kembali penerbangan Korean Air yang menghubungkan Seoul dengan Bali. Hal ini merupakan hal yang positif, mengingat penerbangan ini sempat berhenti beroperasi dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia," kata Faik dalam keterangan tertulis, Jumat (15/7/2022).

Faik mengatakan, tambahan penerbangan internasional ini diharapkan berdampak positif terhadap pertumbuhan angka wisatawan internasional yang datang ke Bali sehingga pertumbuhan ekonomi terus membaik.

Baca juga: Penerbangan Internasional Dibuka, Malaysia Airlines Kembali Terbangi ke Bali

Ia mengatakan, penerbangan rute Incheon-Bali dan sebaliknya melayani sebanyak 397.196 penumpang pesawat udara sepanjang tahun 2019.

Dengan beroperasinya kembali penerbangan ini, saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 20 rute internasional ke 12 negara di dunia.

"Penerbangan ini juga menjadikan Korean Air sebagai maskapai penerbangan ke-22 yang melayani penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," ujarnya.

Lebih lanjut, Faik mengatakan, sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai, tercatat 5.246 penerbangan internasional dan 974.178 penumpang rute internasional telah terlayani.

Adapun khusus untuk bulan Juli 2022, hingga tanggal 14 Juli, tercatat 224.679 penumpang rute internasional telah terangkut melalui 1.241 penerbangan.

Baca juga: Pemerintah Operasionalkan Lagi 3 Bandara yang Layani Penerbangan Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com