Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Mulai Meningkat, Harga Minyak Mentah Dunia Turun

Kompas.com - 21/07/2022, 07:35 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


NEW YORK, KOMPAS.comHarga minyak mentah dunia mengalami penurunan pada perdagangan Rabu (20/7/2022) waktu setempat. Penurunan harga minyak mentah dunia terjadi menyusul peningkatan stok minyak, yang meredam kekhawatiran pasar.

Mengutip Bloomberg, harga minyak West Texas Intermediate atau WTI kontrak September 2022 turun 1,8 persen menjadi 102,26 dollar AS per barrel. Kemudian, harga minyak Brent juga turun 0,4 persen dan ditutup pada harga 106,9 dollar AS per barrel.

Baca juga: Wall Street Kembali Menguat, Indeks Utama Bursa AS Sentuh Level Tertinggi Sejak Awal Juni

Dari laporan Administrasi Informasi Energi, persediaan atau stok minyak mentah AS yang berada di pusat penyimpanan terbesar di Cushing menunjukkan peningkatan. Sementara pada pekan lalu, stok BBM di SPBU AS juga mengalami peningkatan 3,5 persen pekan lalu.

Rebecca Babin, pedagang energi senior di CIBC Private Wealth Management mengatakan, permintaan bensin setiap minggu. Ini mengingatkan saat penurunan permintaan yang terjadi pada tahun 2020 ketika negara sedang berjuang melawan Covid-19 dengan kebijakan lockdown yang membuat mobilitas berkurang.

"Laporan EIA cukup baik untuk menjaga stok minyak mentah dari posisi terendah sesi ini,” kata Babin.

Baca juga: Lanjutkan Tren Penguatan, IHSG Berpotensi Tembus 6.900 Hari Ini

Harga minyak mengalami gejolah dalam beberapa hari belakangan ini, karena volume yang menipis. Bahkan, jumlah total kontrak yang dipegang oleh pedagang untuk minyak WTI telah jatuh ke level terendah sejak 2015.

Minyak mentah telah berfluktuasi sekitar 100 dollar AS per barel dimana para pedagang menimbang dampak permintaan dari potensi resesi dengan melemahnya dollar AS.

Baca juga: Tarik Es Krim Vanila, Haagen Dazs Indonesia Juga Hentikan Penjualan 11 Varian Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com