Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Semarang Bisa Belanja Sembako secara Online lewat iPangananDotcom

Kompas.com - 22/07/2022, 14:31 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Wakil Pimpinan Wilayah Bulog Jawa Tengah Sri Muniati mengatakan minat masyarakat Semarang dan sekitarnya belanja sembako secara online melalui iPangananDotCom sudah mulai meningkat.

Hal ini tercermin dari jumlah transaksi pembelian melalui iPanganDotcom yang mencapai Rp 1,4 juta per hari dan mencapai kurang lebih Rp 30-45 juta per bulan.

iPangananDotCom merupakan layanan belanja sembako secara online besutan Bulog yang bekerja sama dengan StoreSend Indonesia (SSI).

Baca juga: Alibaba hingga Amazon Belum Daftar PSE, Kominfo: Masih Diberi Tenggat Waktu 5 Hari

"Layanan ini memang dibuka waktu pandemi ada, begitu diluncurkan jadi jawaban untuk masyarakat yang saat itu belanja tidak harus ke pasar tapi online. Kalau lihat trennya mencapai Rp 1,4 juta per hari dan per bulannya mencapai kurang lebih Rp 30-45 juta," ujarnya saat meninjau gudang iPanganDotcom di Semarang, Jumat (22/7/2022).

Lebih lanjut Sri Muniati mengatakan, dalam rangka merebut pangsa pasar untuk sembako, Bulog menyiapkan produk-produk berkualitas unggul khususnya beras dalam berbagai merek.

"Khusus di iPangananDotCom Semarang saat ini kami menawarkan beras kualitas premium diantaranya merk Tanak, Eunak, BefoodSlyp Super, Befood Setra Ramos dan Pulen Wangi. Untuk kualitas medium, antara lain merk Nanas Madu dan Tani Makmur. Kami juga menyediakan beras khusus seperti Caping Emas Beras Hitam, Caping Emas Beras Merah, juga beras untuk kesehatan khususnya penanggulangan stunting bermerk Fortivit," bebernya.

Sementara untuk harganya beras medium dibanderol Rp 51.500 per kemasan dan beras premium dibanderol Rp 59.999 sampai Rp 63.999 per kemasan.

Baca juga: Ingin Ganti Data atau Foto KTP? Ini Caranya

Selain beras, Bulog juga memproduksi gula pasir bermerk Maniskita dan tepung terigu bermerk Terigukita.

Secara keseluruhan iPangananDotCom menyediakan sekitar 19 jenis komoditi, termasuk 104 merek non Bulog yang terdaftar.

Dia menambahkan, keuntungan belanja di iPangananDotCom antara lain praktis dan efisien, produk berkualitas dan bervariasi, promo terbaik, gratis ongkir, sistem pembayaran mudah dan aman.

"Jadi kalau mau belanja melalui laman Shopee, ketik ipanganandotcom, klik tujuan kota pengiriman, check out produk, cek alamat pengiriman, pilih sistem pembayaran, buat pesanan dan lakukan pembayaran. Pesanan akan diterima 2-3 hari kerja efektif setelah dilakukan pembayaran," jelas dia.

Baca juga: Mulai dari Bangun Jejaring hingga Peluang Kolaborasi, Ini 5 Manfaat UMKM Gabung Komunitas Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com