Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Donasi di Baznas lewat Aplikasi Cinta Zakat

Kompas.com - 22/07/2022, 21:05 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional Indonesia (Baznas) menjalin kerja sama dengan Islamic Development Bank (IsDB) Grup untuk mengembangkan aplikasi yang diberi nama Cinta Zakat.

Aplikasi tersebut diklaim bisa memudahkan para donatur memberikan donasi dengan nyaman dan aman.

Aplikasi ini ditujukan untuk menggali potensi dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lain (DSKL) yang sangat besar, memotivasi masyarakat untuk menjadi bagian dari jaringan pembangunan yang aktif, serta bertujuan untuk kemajuan masyarakat dalam menekan angka kemiskinan.

Baca juga: Beri Kemudahan Masyarakat Berzakat, Baznas Luncurkan Aplikasi Cinta Zakat

Direktur Penguatan Pengumpulan Zakat Nasional Baznas Fitriansyah Agus Setiawan mengatakan aplikasi tersebut kini telah tersedia di platform distribusi aplikasi di Android dan iOS.

Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan informasi dan pengalaman distribusi ZIS dan DSKL kepada mustahik yang tepat dan bertanggung jawab.

"Artinya audit berkala dapat diakses secara terbuka oleh publik," ujar Fitriansyah dalam siaran persnya, Jumat (22/7/2022).

Lebih lanjut Fitriansyah membeberkan cara untuk berdonasi lewat aplikasi Cinta Zakat.

Pertama donatur harus mengunduh aplikasi Cinta Zakat dan kemudian mendaftar untuk menjadi Muzaki atau donatur tetap. Setelah mendaftar, donatur bisa memilih untuk melakukan zakat, infak dan donasi pada kampanye fundraise Baznas yang sedang berjalan.

Setelah melakukan zakat, infak dan sedekah, bagi pengguna yang terdaftar akan mendapatkan keringangan pajak dengan mendapatkan tanda terima ZIS.

Baca juga: Cara Bayar Zakat Fitrah secara Online lewat Baznas hingga Lazismu

Fitriansyah juga membeberkan hasil penerimaan ZIS dan DSKL melalui Baznas pada 2021 lalu berhasil menghimpun dana sebesar Rp 513,2 miliar atau naik 102 persen dari target awal tahun sebesar Rp 503 miliar.

"Ini artinya apabila persentasi itu bisa ditingkatkan, maka pemanfaatan dana ZIS dan DSKL tersebut akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat ke arah yang lebih baik,” katanya.

Fitriansyah berharap aplikasi Cinta Zakat dapat mendorong peningkatan pengumpulan ZIS dan DSKL, demi menyukseskan program pengentasan kemiskinan yang selama ini digencarkan BAZNAS.

"Kami berharap aplikasi Cinta Zakat semakin memberi kemudahan kepada muzaki untuk terus menebar kebaikan dan berbagi kepada yang membutuhkan. Semoga niat baik kita semua diberi kemudahan," pungkasnya.

Baca juga: Ini Cara dan Rincian Biaya Kurban Online di Baznas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com