Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KRL dari Bogor ke Sudirman Melonjak, Gara-gara Citayam Fashion Week?

Kompas.com - 25/07/2022, 18:03 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – KAI Commuter mencatat kenaikan pengguna Commuter Line dari Bogor menuju Stasiun Tanah Abang. Hingga Minggu (24/7/2022) tercatat sebanyak 21.058 orang yang naik KRL dari Stasiun Bogor, dari total pengguna KRL sebanyak 303.488 orang di akhir pekan lalu.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, adanya beberapa kegiatan atau event yang banyak diselenggarakan belakangan ini termasuk "Citayam Fashion Week" merupakan faktor yang mendorong kenaikan penumpang commuter line.

“Tren kenaikan penumpang walaupun belum normal itu (ditopang) dengan adanya beberapa kegiatan. Sejak PPKM level 1 kita melihat itu, jadi tidak hanya event tersebut (Citayam Fashion Week),” kata Anne kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Kemenkumham: Tak Masalah Ada 10 yang Daftarkan Merek Citayam Fashion Week, asal...

Sekolah tatap muka

Faktor lainnya yang mendorong kenaikan jumlah penumpang commuter line adalah kembalinya sekolah tatap muka, serta mulai dibukanya kawasan wisata dengan pembatasan yang lebih longgar belakangan ini.

“Mulai kembalinya ke sekolah dan anak-anak yang sudah bisa naik KRL (juga menjadi faktor yang mendorong kenaikan jumlah penumpang KRL). Stasiun Bogor juga stasiun tujuan tertinggi di sana ada taman yang terintegrasi dengan stasiun yang saat ini banyak dikunjungi,” ujar dia.

Anne mengatakan, Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun tujuan pengguna dengan angka tertinggi yaitu sejumlah 16.236 orang. Dia juga menyebut, terjadi kenaikan 5 persen dari volume pengguna di Stasiun Tanah Abang dibandingkan pekan sebelumnya.

“Hingga Minggu pukul 17.00 WIB volume pengguna di Stasiun Tanah Abang naik 5 persen atau sebanyak 15.207 orang, dan di Stasiun Sudirman tercatat sebanyak 10.089 orang atau naik 8 persen dari minggu lalu,” ujar Anne.

Baca juga: Jumlah Pengguna KRL di Stasiun Sudirman Naik 8 Persen, Imbas Citayam Fashion Week?

Adapun volume pengguna di Stasiun Jakarta Kota tercatat sebanyak 8.655 pengguna. Anne mengatakan, secara keseluruhan, persebaran volume pengguna KRL Jabodetabek hingga akir pekan lalu tercatat didominasi oleh pengguna di lin Bogor dengan total sebanyak 94.723 pengguna dan pada perjalanan KRL lin Rangkasbitung yaitu sebanyak 55.725 pengguna.

“KAI Commuter juga mencatat sebanyak 4 persen atau sebanyak 13.426 pengguna dari total volume adalah pengguna musiman yang memanfaatkan libur akhir pekan ini dengan menggunakan transportasi KRL,” tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com