Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Masyarakat Antusias Pasang PLTS Atap, Perplatsi Sambut Peningkatan Permintaan EBT

Kompas.com - 27/07/2022, 16:17 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Dari tahun ke tahun, kesadaran masyarakat dalam menggunakan energi bersih semakin tinggi. Hal ini menciptakan tren penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Fenomena ini tidak bisa dibendung. Justru ini adalah peluang besar bagi industri energi baru terbarukan (EBT). Pasar PLTS atap surya sangat cemerlang di masa depan bagi para pelaku usaha yag bergerak penyedia listrik tenaga surya,” ujar Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Pemasang PLTS Atap Seluruh Indonesia (Perplatsi), Fabby Tumiwa, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Sebagai informasi, Perplatsi merupakan kelompok yang sengaja dibuat untuk menyambut peningkatan permintaan masyarakat akan PLTS atap.

Perplatsi dideklarasikan pada Sabtu (23/7/2022), di APINDO UKM Hub Gedung SMESCO Kementrian KUKM. Kini, tempat ini dijadikan seagai lokasi sekretariat.

Fabby menyebut bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya EBT. Adapun, sinar matahari merupakan salah satu sumber EBT yang dimiliki Tanah Air.

Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) pada 2022 menunjukan bahwa berdasarkan ketersediaan lahan yang cocok untuk pemanfaatan energi surya melalui PLTS, Tanah Air mempunyai potensi energi surya mencapai 3.300 Gigawatt.

Energi surya bisa menjadi penyedia utama kebutuhan listrik di Indonesia. Potensi PLTS atap yang dibangun di atas bangunan, seperti rumah, kantor dan fasilitas umum lainnya sangatlah besar.

Wadah untuk pemasangan PLTS atap

Fabby menambahkan bahwa Perplatsi dibentuk untuk mewadahi para pemasang PLTS atap yang mempunyai semangat mengembangkan ekosistem PLTS di Indonesia.

Para pengusaha pemasang PLTS atap atau lazim disebut Solarpreneur adalah salah satu bagian ekosistem yang sangat penting dalam terciptanya energi bersih untuk memenuhi komitmen pemerintah Indonesia menuju net zero emission pada 2060.

“Perplatsi menjadi naungan para pemasang PLTS atap yang bersertifikat, dan mampu memberikan layanan instalasi PLTS atap yang mengutamakan keamanan dan kehandalan PLTS atap,” ujarnya.

Selain itu, Perplatsi dapat memberikan jasa perawatan panel surya yang digunakan dalam menghasilkan energi listrik bersih.

“Dengan harga teknologi PLTS atap yang semakin kompetitif, terlebih panel surya bisa digunakan selama 25 tahun, maka bisa dikatakan penggunaan PLTS atap akan bisa lebih murah dibandingkan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN),” sambungnya.

Untuk itulah, menurutnya, implementasi Peraturan Menteri mengenai PLTS Atap harus berjalan dengan efektif di tataran masyarakat luas agar tidak ada kebimbangan bagi para pelaku usaha penyedia lapangan kerja sebagaimana yang tergabung di Perplatsi.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Perplatsi, I Gusti Ngurah Erlangga mengatakan bahwa Perplatsi dibentuk untuk membantu mewujudkan energi hijau yang dicanangkan pemerintah Indonesia.

Adapun caranya, dengan pemasangan PLTS atap di rumah-rumah dan fasilitas umum agar masyarakat bisa menjadi produsen listrik sendiri. Ke depan, masyarakat harus lebih banyak mendapatkan edukasi mengenai PLTS atap, cara memasang PLTS atap, dan bagaimana manfaat pemasangan PLTS atap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com