Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Sandiaga Uno

Kompas.com - 27/07/2022, 17:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memberikan empat tips jitu untuk menjadi pengusaha.

Menurut Sandiaga, dengan membangun usaha atau bisnis yang sukses, otomatis akan memberikan dampak tidak hanya kepada diri sendiri, melainkan juga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Di acara "Kuliah Umum dan Sharing Session: Peningkatan Kemampuan Enterpreneur Santri di Bidang Parekraf", di Ponpes Roudlatul Mubtadiin, Balekambang, Jepara, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022) malam, Sandiaga membagikan empat tips jitunya itu sudah ia terapkan ketika merintis usaha disaat krisis.

“Pertama, memiliki niat yang kuat karena segala sesuatu tergantung niatnya atau innamal a'malu binniyat,” kata Sandiaga dalam siaran pers, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Sandiaga: Lihat Komodo Bisa di Pulau Rinca, Tiket TNK Rp 3,75 Juta karena untuk Konservasi

Poin kedua, Sandiaga menilai bahwa kemampuan dalam menciptakan keuangan yang kuat dengan akses permodalan yang ada akan mendorong kinerja bisnis. Outputnya akan mendorong usaha bisa lebih maju lagi.

“Kemampuan untuk menciptakan keuangan yang kuat melalui permodalan, apalagi saat ini sudah ada permodalan digital, seperti peer to peer lending, dan fintech,” jelas dia.

Sandiaga juga mengatakan, seorang pengusaha harus berinovasi, berkolaborasi dan berani mengambil risiko. Hal tersebut menurutnya merupakan hal penting bagi seorang pemimpin atau leader.

“Mampu berinovasi dan berani mengambil risiko serta proactive, dan memiliki jiwa leadership. Itu adalah kunci sukses menjadi enterpreneur," jelas Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga: Siapa Tahu Roy, Jeje, Bonge, Bisa Tampil di Paris

Sandiaga mengatakan, leadership dilakukan dengan, meneladani sifat-sifat Rasulullah ke dalam kehidupan sehari-hari, yaitu fathonah, amanah, sidiq, dan tabligh (cerdas, dapat dipercaya, benar atau selalu berkata jujur, dan menyampaikan wahyu/pesan).

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga bicara mengenai potensi pariwisata di Jepara. Menurutnya, wisata alam seperti Pantai Bandengan, wisata sejarah ada Benteng Portugis, ekonomi kreatif selain furnitur yang sangat terkenal yaitu kerajinan kain tenun ikat troso, dan juga kuliner ikan pindang serani memiliki potensi yang besar.

Namun ia menekankan, bahwa upaya yang bisa dilakukan oleh para santri adalah dengan memanfaatkan akun-akun owned media sosial untuk mempromosikan destinasi wisata, kemudian membuat konten-konten dengan narasi positif di media sosial.

"Secara kuantitas kita memiliki SDM, tinggal kita tingkatkan kualitasnya yang mumpuni. Karena bayangkan saja jika satu persen dari total lima juta santri ini menjadi pengusaha sukses, menjadi enterpreneur dan menciptakan lapangan kerja. Akan ada tambahan jika satu persennya 50.000 UMKM dan ratusan ribu lapangan kerja untuk industri yang diciptakan para santri," tegas Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com