Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Sukses Lakukan Inovasi Pengelolaan SDM, Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Indonesia HR Excellence 2022

Kompas.com - 28/07/2022, 15:40 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) Elnusa Petrofin berhasil meraih penghargaan Indonesia Human Resource (HR) Excellence 2022 untuk kategori Learning and Development and Knowledge Management yang diadakan SWA Media.

Direktur Administrasi dan Keuangan PT Elnusa Petrofin Hanny Retno Hapsari mengapresiasi SWA Media dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) tentunya atas terpilihnya Elnusa Petrofin sebagai pemenang.

Hanny menyampaikan, penghargaan tersebut tidak hanya sekadar sebuah penghargaan bagi pihaknya, tetapi juga ada proses bertumbuh dan belajar di dalamnya.

“Terutama dari saat pembuatan materi untuk di-submit. Di situ kami merasa ada proses mentoring kepada tim HR. Mengelaborasi soft skill tim HR, di mana goals dari proses ini untuk menjadi sebuah culture knowledge bagi seluruh perwira dan pertiwi Elnusa Petrofin,” katanya, saat menerima penghargaan tersebut secara virtual, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Peduli Lingkungan, Elnusa Petrofin Gelar Pelepasan Penyu hingga Aksi Bersih Pantai di Goa Cemara

Sebagai salah satu peraih Indonesia HR Excellence 2022, Elnusa Petrofin secara sistematis melakukan berbagai inovasi dan transformasi dalam hal pengelolaan sumber daya manusia (SDM).

Dengan jumlah 169 unit operasional yang tersebar di seluruh Indonesia, Elnusa Petrofin mengembangkan berbagai macam program untuk mendukung pengelolaan SDM.

Beberapa di antarnya adalah Koordinator Lapangan (Korlap) dan Health, Safety, Environment (HSE) Academy dan Integrated Storage Management Trainee untuk menjalankan operasional perusahaan secara excellence.

Program tersebut pun dimonitor secara berkala dengan berbagai macam tambahan upskilling dan training guna memenuhi perkembangan operasional di lingkungan PT Elnusa Petrofin.

Direktur Administrasi dan Keuangan PT Elnusa Petrofin Hanny Retno Hapsari bersama karyawan Elnusa Petrofin.DOK. Humas Elnusa Petrofin Direktur Administrasi dan Keuangan PT Elnusa Petrofin Hanny Retno Hapsari bersama karyawan Elnusa Petrofin.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi SWA Media Group Kemal Effendi Gani mengatakan, pelaksanaan Indonesia HR Excellence 2022 bertujuan sebagai ajang bagi perusahaan untuk dapat mengukur kemajuan dan keberhasilan HR mereka dalam pengelolaan SDM yang efektif.

Baca juga: Peduli Pendidikan Generasi Muda, Elnusa Petrofin Luncurkan “Pojok Baca” di Bantar Gebang

“Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat melihat secara umum perkembangan HR di kalangan perusahaan Indonesia yang dapat dijadikan benchmarking dan menumbuhkan motivasi untuk melakukan program-program HR yang inovatif,” ungkapnya.

Kemal menyebutkan, ada dua agenda yang perlu diperhatikan organisasi dan orang-orang HR.

Pertama, cara organisasi HR mampu mentransformasi diri agar tetap adaptif dengan perubahan paradigma maupun kebutuhan masyarakat.

Kedua, cara organisasi HR mampu menciptakan cara-cara kerja baru yang kreatif agar bisa meningkatkan produktivitas dan ketangkasan karyawan.

Untuk diketahui, Indonesia HR Excellence Awarding 2022 merupakan pentas pembuktian kesiapan organisasi SDM menghadapi era pasca-Covid-19.

Baca juga: Kurangi Sampah Laut di Minahasa Selatan, Elnusa Petrofin Luncurkan Asiap

Mengangkat tema “Reinventing HR Strategy and Roles to Accelerate Business Growth in Post Pandemic Times“, SWA Media berkolaborasi dengan LMFEB UI melakukan berbagai macam penyaringan dan penilaian.

Dalam menentukan pemenang, SWA Media bersama LMFEB UI menentukan 37 finalis yang maju ke tahap presentasi kepada dewan juri yang merupakan pakar dalam bidang HR.

Kemudian, jumlah tersebut dikerucutkan menjadi 22 perusahaan finalis yang terdiri dari berbagai macam industri.

Selain Elnusa Petrofin, beberapa perusahaan juga mendapatkan penghargaan Indonesia HR Excellence 2022.

Perusahaan tersebut, antara lain Tokopedia, DANA Indonesia, Flip, Amartha, Prudential, AXA Mandiri dan AXA Indonesia, Pegadaian, Bank DBS Indonesia, Bank CIMB Niaga, Adira Finance, JDL Express Indonesia, Anteraja, Sinar Mas Mining, BAT Indonesia, dan Garuda Food.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Elnusa Petrofin Tanam 500 Bibit Mangrove di Bangka Belitung 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com