Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Kunjungi Kota Sejong, Busan, Songsan, dan Song-Do, Contoh untuk Pengembangan IKN

Kompas.com - 29/07/2022, 13:45 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau implementasi Kota Baru dan Kota Cerdas (Smart City) di Korea Selatan, yang dapat menjadi contoh bagus diterapkan untuk pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Adapun kota yang dikunjungi di Negeri Ginseng tersebut yaitu Sejong, Busan, Songsan, dan Song-Do. Pada 2019 lalu, Kota Busan pernah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai peletakkan batu pertama peresmian IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

"Kami juga telah mengunjungi Busan Eco Delta Smart City dan Smart Village yang dulu tahun 2019, saat groundbreaking juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Kita lihat bagaimana progresnya setelah tiga tahun. Ada yang namanya smart village yang sudah selesai dibangun sebanyak 86 rumah dan dihuni oleh 400 orang. Perkembangannya sedang dimonitor terus melalui implementasi 41 jenis teknologi canggih di dalam smart village tersebut," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: IKN Bakal Usung Kota 10 Menit, Seperti Apakah?

Kota Sejong

Lokasi pertama yang dikunjungi Basuki adalah Kota Khusus Otonom Sejong dan secara de facto merupakan Ibu Kota Administratif Korsel. Kota Sejong dibangun dengan filosofi desentralisasi dan pemerataan pertumbuhan.

Kota Sejong mulai dibangun sejak 2007 dan selesai pada 2019 yang disiapkan untuk mengatasi isu kesenjangan pembangunan antar wilayah yang terpusat di Kota Seoul. Kota Sejong menjadi model baru desentralisasi sesuai dengan era demokrasi untuk meningkatkan standar hidup masyarakat dengan konsep Kota Cerdas yang mengintegrasikan teknologi pada semua aspek kehidupan.

Baca juga: Kepala Otorita Gambarkan IKN, Kota Cerdas yang Ada Tol Bawah Laut hingga Disney Park

Kota Busan, Songsan, Song-Do

Selanjutnya, akan meninjau Kota Busan yang menjadi proyek percontohan pengembangan Kota Cerdas di Korsel selain Kota Sejong. Filosofi pembangunan Busan Eco Delta Smart City menjadikan sebuah kota global yang inovatif dan berkembang di mana alam, manusia, dan teknologi bertemu untuk kemajuan masa depan.

Lokasi selanjutnya yang dikunjungi adalah pengembangan Kota Hijau Songsan yang merupakan pusat kota baru di wilayah Namyang-Eup dan Songsan-Myeon di Hwaseong, Gyeonggi-Do, yang ditargetkan selesai pada tahun ini.

Baca juga: Bappenas Kaji Kereta Gantung Jadi Angkutan Perkotaan IKN Nusantara

Terakhir, Basuki akan menuju Kota Baru Song-Do yang merupakan Distrik Bisnis Internasional di Korsel. Dikembangkan di atas lahan seluas 600 hektar (ha) dari total wilayah luas 1.500 hektar di sepanjang tepi laut Incheon. Song-Do menjadi pintu gerbang ke Laut Asia Timur yang dirancang untuk hidup dan bekerja.

Song-Do mengedepankan konsep kota keseimbangan yang memadukan perpaduan ideal antara hunian, lingkungan budaya, bisnis, ritel, dan rekreasi. Song-Do dirancang sebagai kota ramah pejalan kaki, dengan jalan yang dapat dilalui pejalan kaki, emisi 70 persen lebih rendah, ruang hijau 40 persen, dan kota yang mendorong hidup aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com