Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Dorong Warga Kubu Raya Tingkatkan Penghasilan Lewat Produk Olahan Lidah Buaya

Kompas.com - 31/07/2022, 21:30 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri pelatihan pengolahan lidah buaya (aloe vera) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat yang digelar oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira).

Dia menilai pelatihan pengolahan lidah buaya ini menjadi penting diberikan ke masyarakat, terutama untuk ibu-ibu. Sebab, produk olahan lidah buaya ini dapat dijadikan produk kecantikan dan jika dilihat dari segi bisnis, produk itu dinilai tidak mudah redup.

"Pelatihannya adalah pengolahan lidah buaya yang banyak sekali di sini, aloe vera menjadi sabun untuk kecantikan. Pelatihan ini kita lakukan untuk meningkatkan penghasilan. Nah kalau penghasilan meningkat, biaya hidup kita bisa penuhi. Ini langkah tegas dan konkret dari Gemawira adalah untuk menciptakan lapangan kerja," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/7/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Undang Investor Tanam Modal di 5 DSP dan 8 KEK Pariwisata

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, untuk memproduksi produk kecantikan dari lidah buaya ini tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab, lidah buaya merupakan tanaman rumahan yang bisa langsung dimanfaatkan.

"Begitu punya produk aloe vera setelah pelatihan ini, nanti Gemawira bisa langsung membeli. Karena Gemawira punya jaringan yang luar biasa. Yang penting saya ingin pastikan bahwa ini akan membantu ekonomi keluarga," kata dia.

Sandiaga Uno menjelaskan, dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya ini juga bisa menciptakan lapangan baru bagi masyarakat Indonesia.

"Dan tahun ini kami menargetkan terciptanya 1,1 lapangan kerja baru dan berkualitas oleh para UMKM di Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), dengan target di 2024, yakni 4,4 juta lapangan kerja baru," ungkapnya.

Baca juga: Empat Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Sandiaga Uno

Sementara itu, Ketua Gemawira Kalimantan Barat Susi Megawati berharap, para peserta yang didominasi oleh emak-emak bisa menciptakan ekonomi baru di dalam lingkungannya dengan keterampilan setelah pelatihan ini.

"Antuasias para peserta sangat luar biasa. Apalagi tau juga emak-emak akan datang Pak Menteri pada hari ini sehingga bisa mendorong semangat para emak-emak untuk mengikuti pelatihan ini," kata Susi.

Baca juga: Sandiaga: Siapa Tahu Roy, Jeje, Bonge, Bisa Tampil di Paris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com