Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelian Pertalite dan Solar dengan QR Code MyPertamina Berlaku Hari Ini? Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 01/08/2022, 10:43 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, implementasi QR Code untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, termasuk solar dan pertalite belum dilakukan pada 1 Agustus 2022.

“Belum (implementasi QR Code), kita tunggu revisi perpresnya,” ujar Irto kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan, revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) diharapkan dapat diselesaikan pada Agustus tahun ini.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina Online dan Manual Supaya Bisa Beli Pertalite dan Solar

Arifin mengatakan, dengan berlakunya Perpres tersebut, nantinya penerima BBM bersubsidi atau BBM penugasan jenis Solar dan Pertalite akan lebih tepat sasaran kepada masyarakat.

"Insya Allah (Agustus), kita harus kerja cepat ini. Item-itemnya sudah ada," kata Arifin di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Irto mengatakan, hingga akhir pekan lalu sudah 400.000 kendaraan yang mendaftar melalui booth di SPBU, di web subsiditepat.mypertamina.id, dan aplikasi MyPertamina.

Adapun pendaftaran kendaraan roda empat yang berhak membeli BBM subsidi termasuk Pertalite dan Solar dimulai sejak 1 Juli 2022.

Hingga saat ini, cakupan wilayah uji coba untuk pendaftaran kendaraan roda empat yang berhak membeli BBM subsidi saat ini di 50 kota/kabupaten di 27 provinsi. Pendaftaran kendaraan ini, merupakan bagian dari rencana pemerintah dalam penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi agar tepat sasaran.

“Prioritasnya (yang daftar) di 50 kota, tapi yang daftar sudah di semua provinsi,” jelas Irto.

Dengan melakukan pendaftaran kendaraan, nantinya para pemilik kendaraan roda empat akan memperoleh QR Code sebagai syarat membeli BBM subsidi, Pertalite dan Solar.

Baca juga: Pertamina: Beli BBM Subsidi Tidak Wajib Pakai MyPertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com