Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Luhut 11 Tahun Bangun SMA Unggul DEL di Toba, Dulu Sepi Peminat, Kini Jadi Rebutan

Kompas.com - 01/08/2022, 12:20 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada kata lelah, kalimat ini pantas disematkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke China, Korea Selatan, dan Jepang, keesokan harinya Luhut menyempatkan diri untuk memberikan nasihat (wejangan) kepada para siswa dan siswi SMA Unggul DEL.

Sekolah ini merupakan milik dari Luhut dan istrinya Devi Pandjaitan yang turut terlibat dalam pembangunan.

"Kemarin, setelah kepulangan saya dari beberapa negara. Saya menyempatkan diri untuk memberikan wejangan kepada para siswa-siswi baru SMA Unggul DEL, hal inilah yang kami berdua nantikan. Karena setiap kali tahun ajaran baru dimulai, kami merasa harus menyempatkan waktu untuk berbincang dan memberikan wejangan kepada talenta-talenta terpendam dari Tanah Toba," kata Luhut dalam keterangan Instagram resmi @luhut.pandjaitan, Senin (1/8/2022).

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Indonesia Versi LTMPT, Jakarta Mendominasi, 1 Sekolah di Bandung Tembus 5 Besar

Tidak terapkan "gaya" militer

Wejangan tersebut disampaikan kepada 159 siswa dan siswi baru yang lolos bersekolah di SMA Unggul DEL. Luhut bilang, Sekolah DEL tidak menerapkan sekolah kemiliteran. Ada ciri khas dari sekolah yang berada di Danau Toba, Sumatera Utara ini yang harus diterapkan.

"Di hadapan 159 siswa SMA Unggul DEL yang terpilih dari lebih dari 3.000 pendaftar, saya katakan bahwa SMA Unggul DEL tidak perlu jadi sekolah semi militer seperti sekolah unggulan yang ada di Pulau Jawa. Cukup dengan selalu menguatkan 3M yang selalu menjadi pendidikan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com