Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar MyPertamina agar Bisa Beli BBM Bersubsidi Pertalite dan Solar

Kompas.com - 02/08/2022, 11:07 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) akan mengatur pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Pertalite dan Solar agar tepat sasaran. Saat ini, Pertamina tengah membuka pendaftaran kendaraan yang berhak membeli BBM subsidi tersebut.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, berdasarkan data pada hari Minggu (31/7/2022) sudah ada 400.000 kendaraan yang terdaftar melalui booth di SPBU, di web subsiditepat.mypertamina.id dan aplikasi MyPertamina sejak uji coba diberlakukan pada 1 Juli 2022.

Namun, untuk implementasi QR Code belum dilakukan pada 1 Agustus 2022, dan masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Baca juga: Pembelian Pertalite dan Solar dengan QR Code MyPertamina Berlaku 1 Agustus? Ini Kata Pertamina

“Belum (implementasi QR Code), kita tunggu revisi perpresnya,” ujar Irto kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Hingga saat ini, cakupan wilayah uji coba untuk pendaftaran kendaraan roda empat yang berhak membeli BBM subsidi saat ini di 50 kota/kabupaten di 27 provinsi. Pendaftaran kendaraan ini, merupakan bagian dari rencana pemerintah dalam penyaluran BBM subsidi agar tepat sasaran.

Adapun cara daftar kendaraan roda empat Anda melalui MyPertamina untuk memudahkan pembelian BBM bersubsidi Pertalite dan Solar sebagai berikut:

1. Buka laman https://subsiditepat.mypertamina.id/

2. Siapkan dokumen yang meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan, dan dokumen pendukung lain.

3. Centang informasi yang menerangkan bahwa Anda memahami persyaratan.

4. Klik daftar sekarang dan ikuti instruksi. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pencocokan data dengan maksimal 7 hari kerja.

Baca juga: Daftar Harga Pertalite, Pertamax, hingga Pertamina Dex Agustus 2022

Nantinya status pendaftaran bisa dicek melalui website secara berkala. Apabila telah terkonfirmasi selanjutnya unduh kode QR dan simpan untuk melakukan transaksi di SPBU Pertamina.

Sementara itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki Aplikasi MyPertamina atau kesulitan mengakses website MyPertamina, maka Anda bisa melakukan pendaftaran kendaraan di gerai SPBU terdekat.

"Nanti akan ada klinik (gerai) di SPBU-SPBU tertentu untuk mendaftar. Iya (nanti masyarakat yang enggak punya aplikasi) bisa dibantu di klinik SPBU yang ditetapkan," ujar Irto.

Setelah mendaftar kendaraan di MyPertamina melalui SPBU terdekat, Anda akan mendapatkan QR Code untuk digunakan dalam pembelian BBM bersubsidi termasuk Pertalite dan Solar.

Setelah mendapatkan QR Code, Anda bisa melaminating QR Code tersebut dan menempelkannya pada kendaraan Anda. Dengan menunjukkan QR Code tersebut, maka Anda bisa membeli BBM Bersubsidi seperti Pertalite dan Solar.

Baca juga: Pertamina: Sudah 400.000 Kendaraan Roda Empat Terdaftar di MyPertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com