Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite Kembali Naik

Kompas.com - 03/08/2022, 08:33 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite kembali naik. Berdasarkan laman resmi Mypertamina.id, penyesuaian ini dilakukan pada Rabu (3/8/2022) pukul 00.01 WIB.

Sebelumnya, Pertamina sudah melakukan penyesuaian BBM non subsidi jenis Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite pada 10 Juli 2022. Artinya belum genap sebulan, harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite kembali naik.

Adapun kenaikan ini berlaku di wilayah DKI Jakarta atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) 5 persen.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan penyesuaian ini mengikuti kenaikan harga patokan minyak mentah Indonesia atau ICP. Tercatat, harga rata-rata ICP per 2022, di angka 106,73 dollar AS per barrel. Posisi tersebut masih lebih tinggi sekitar 24 persen dari harga ICP pada Januari 2022 lalu.

Baca juga: Gratis, Ini Syarat dan Prosedur Mengurus Program Jaminan Persalinan

Menurut Irto, dengan harga ICP yang fluktuatif dan masih cukup tinggi ini, maka penyesuaian harga BBM non subsidi perlu dilakukan.

“Penyesuaian harga secara berkala ini kembali dilakukan, dimana harga BBM Non subsidi harganya fluktuatif mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia atau ICP,” kata Irto kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Walau demikian, Irto memastikan 95 persen dari porsi BBM nasional mencakup Pertamax, Pertalite, dan Solar tidak mengalami perubahan harga. Sementara itu, penyesuaian harga Pertamax Turbo dan Dex Series dinilai masih kompetitif.

Baca juga: Menanti Pertemuan OPEC+, Harga Minyak Mentah Bervariasi


“95 persen dari porsi BBM nasional yakni Pertamax, Pertalite, dan Solar tidak berubah harganya, hanya BBM segmen tertentu saja yakni Pertamax Turbo dan Dex Series yang berubah itupun masih paling kompetitif di kelasnya,” ujar Irto.

“Harga ini berlaku mulai 3 Agustus 2022. Ada tiga jenis BBM yang sudah disesuaikan dengan harga keekonomian, sehingga ke depan akan fluktuatif menyesuaikan harga minyak dunia,” sambung Irto.

Daftar harga Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite

  • Pertamax Turbo (RON 98) naik dari Rp 16.200 jadi Rp 17.900 per liter
  • Pertamina Dex (CN 53) naik dari Rp 16.500 jadi Rp 18.900 per liter
  • Dexlite (CN 51) naik dari Rp 15.000 jadi 17.800 per liter

Baca juga: Termasuk BBM Nonsubsidi, Harga Pertamax Bakal Ikut Naik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com