Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota JJC Berupaya Wujudkan Karbon Netral di RI, Ini Kontribusinya

Kompas.com - 03/08/2022, 18:29 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Japan Club (JJC) dan Japan External Trade Organization (Jetro) membeberkan kontribusi 122 perusahaan Jepang di Indonesia yang berkontribusi mewujudkan netralitas karbon melalui sekitar 340 proyek yang digarap.

JJC sendiri beranggotakan 689 perusahaan di sekitar Jakarta dan 1.400 anggota perorangan.

Ketua gugus Tugas Netral Karbon JJC Susumu Matsuda mengatakan, survei terakhir JJC pada 2019 lalu mengungkapkan hal tersebut. Menurut JJC, hasil survei yang mereka lalukan sifatnya sementara, sebab diperkirakan jumlah pihak yang berkontribusi bisa bertambah ke depannya.

Dalam survei JJC, kontribusi 122 perusahaan Jepang untuk netralitas karbon antara lain terdapat dalam proyek PLTS, PLTA, PLTP, amonia, carbon capture Utilization and Storage (CCUS) atau daur ulang karbon, elektrifikasi kendaraan dan baterai penyimpanan, dekarbonisasi bahan bakar fosil, penanaman pohon (CSR), dan sebagainya.

Baca juga: Selain Usung Smart City, IKN Berpotensi Jadi Kota Karbon Netral

Dari jumlah tersebut, sebanyak 72 perusahaan sedang melakukan upaya menuju dekarbonisasi. Kemudian sebanyak 50 perusahaan dalam rencana atau sedang mempertimbangkan upaya menuju dekarbonisasi.

Sedangkan untuk saat ini, Matsuda mengatakan, perlu upaya yang selaras dengan ketahanan energi, pemeliharaan dan penguatan daya saing industri, dalam rangka melaksanakan penanggulangan perubahan iklim di tingkat nasional.

"Berbekal pengalaman, ilmu dan teknologi dari masing-masing perusahaan anggota JJC, kami akan terus berusaha untuk ikut serta dalam mensukseskan Indonesia mewujudkan target netralitas karbon pada tahun 2060,” kata Matsuda melalui keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Sementara upaya lembaga pemerintah Jepang untuk menuju karbon netral, antara lain pembuatan katalog bisnis yang mendukung dekarbonisasi melalui Jetro. Kemudian, melakukan program survei dan verifikasi terkait teknologi dekarbonisasi.

Lalu, dukungan pembuatan peta jalan dekarbonisasi melalui JICA, dukungan dari segi keuangan melalui JBIC dan NEXI. Serta, melakukan seminar dan pelatihan soal dekarbonisasi.

Baca juga: Kejar Target Karbon Netral, PGN Bakal Regasifikasi Pembangkit Listrik di 33 Lokasi

Selain program dekarbonisasi, lanjut Matsuda, perusahaan anggota JJC juga telah lama aktif berkontribusi di Indonesia dalam berbagai bidang seperti investasi, ketenagakerjaan, SDM, ekspor, dan lain-lain.

Sebagai tambahan, menurut hasil survei ekonomi yang dilaksanakan tahun 2019 oleh JJC, nilai investasi perusahaan Jepang di Indonesia mencapai 31 miliar dollar AS selama 10 tahun, menciptakan lapangan kerja sebesar 7,2 juta orang, kontribusi ekspor mencapai 24,4 persen dari seluruh ekspor Indonesia, serta kontribusi terhadap PDB Indonesia menjadi 8,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com